Transaksi dan Pembayaran Distribusi Pakai Digital, Pasar Perak Jombang Diresmikan Gubernur Khofifah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Transaksi dan Pembayaran Distribusi Pakai Digital, Pasar Perak Jombang Diresmikan Gubernur Khofifah

Editor: Tim
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 06 Maret 2023 09:03 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan Pasar Perak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (5/3). Foto: Humas Pemprov Jatim

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - di Kabupaten Jombang Jawa Timur bakal menggunakan sistem digital untuk transaksi dan pembayaran retribusi. Pasar itu diresmikan Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa, Minggu (5/3). Pasar itu dibangun di atas tanah seluas 5.380 m2 dan luas bangunan 3.335 m2.

Sistem itu disingkat (Sistem Pembayaran Elektronik Terintegrasi). Pembayaran retribusi dilakukan setiap hari dengan pengisian saldo pada kartu ber-barcode.

"Tadi ada display transaksi secara digital. Ini akan jadi bagian dari smart economy yang diberlakukan di . Semua retribusi sudah akan dilakukan secara digital," kata Gubernur saat meresmikan pasar tersebut.

Ketua PP Muslimat NU itu berharap pasar dengan smart economy itu akan lebih bisa membangun perekonomian dengan keuangan inklusif. Sehingga, transaksi dapat semakin mudah dan efektif.

"Saya minta kepada Bank Jatim agar melakukan pendampingan dan menyediakan aplikasi tersebut untuk sedapat mungkin menggunakan sistem keuangan inklusi. Jadi tinggal pakai QRIS di toko-toko yang sudah didampingi," tegas perempuan cerdas itu.

Arek Wonocolo Suroboyo itu berharap roda perekonomian di terus tumbuh dan bisa mendongkrak seluruh transaksi yang ada di .

Bagaimana ketersediaan pangan menjelang Ramadhan? Ia mengaku telah mengantisipasi. Menurut dia, berdasarkan data dari BPS pada 3 Maret 2023, stok beras Jawa Timur surplus sebesar 1,13 juta ton dari Maret hingga April.

Khofifah juga telah meninjau harga minyak dari pasar ke pasar. Menurut dia, harga minyak sebagian besar pada angka yang stabil, yakni Rp 14.000 per liter.

"Sektor yang lain juga insyaallah dalam kondisi baik. Oleh karena itu, mari kita jaga distribusinya agar masyarakat juga bisa tersupport sehingga kenaikan-kenaikan yang mengganggu keseimbangan harga dapat dihindari," jelasnya.

Khofifah berharap 16 pasar Jombang yang lain bisa seperti ini . Karena ini sebagai bentuk strategi peningkatan penataan industri primer sekunder.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video