Waspada KLB PD3I, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Tingkatkan PHBS dan Lengkapi Imunisasi Anak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Waspada KLB PD3I, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Tingkatkan PHBS dan Lengkapi Imunisasi Anak

Editor: Sigit Endra
Wartawan: Devi Fitri
Rabu, 15 Maret 2023 10:43 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Khofifah mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I) seperti polio, difteri, campak, dan rubella. Kewaspadaan tersebut dapat dilakukan dengan konsisten menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan melengkapi status imunisasi pada anak.

Gubernur Jatim mengatakan, hal kewaspadaan ini sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor: IM.03.02/C/976/2023, melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tahun 2022. Sejumlah daerah di Indonesia telah mengalami peningkatan KLB PD3I, khususnya campak dan difteri.

"Ayo segera bawa anak-anak kita ke posyandu atau fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) terdekat agar melengkapi status imunisasinya dan selalu menerapkan PHBS." ajak di Gedung Negara Grahadi , Rabu (15/3/2023).

Selain itu, Gubernur Khofifah juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran dinas kesehatan untuk menjalankan upaya pencegahan dan pengendalian PD3I, khususnya difteri di Jawa Timur.

"Saya instruksikan Kepala Dinkes Jatim agar berkoordinasi intensif dengan kepala dinkes di 38 kabupaten/kota untuk mengoptimalkan pelaksanaan surveilans difteri dan PD3I lainnya melalui peningkatan kewaspadaan dini dan respon di wilayah, salah satunya adalah dengan pelaporan melalui Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR)," jelasnya.

Gubernur Khofifah menambahkan, berdasarkan informasi dari Dinkes Jatim, jumlah kasus difteri Jawa Timur yang tersebar di 26 kabupaten/kota sebanyak 51 kasus hingga Maret 2023 dengan jumlah kematian sebanyak 4 kasus.

Terkait hal tersebut, telah menerbitkan Surat Edaran Gubernur tanggal 17 Februari 2023 perihal Kewaspadaan terhadap PD3I kepada Bupati/Wali Kota se-Jawa Timur. Selain itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga bekerjasama dengan dinkes kabupaten/kota dalam mengatasi difteri, antara lain melaksanakan penyelidikan epidemiologi kasus difteri, melakukan Outbreak Response Immunization (ORI) di daerah yang terdampak kasus difteri dan menyiapkan logistik berupa vaksin difteri serta anti difteri serum.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video