Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik untuk Mobil Kesayangan Anda | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik untuk Mobil Kesayangan Anda

Editor: Redaksi
Selasa, 21 Maret 2023 21:30 WIB

Ilustrasi. (Pixabay)

BANGSAONLINE.com - Saat membeli asuransi mobil, luangkan waktu untuk membandingkan biayanya dan memahami apa yang dicakup dan tidak dicakup oleh polis asuransi mobil. Ini penting karena asuransi yang Anda pilih menentukan perlindungan yang Anda dapatkan.

Asuransi mobil memberi Anda perlindungan finansial jika terjadi kecelakaan. Dan beberapa jenis juga mencakup klaim untuk biaya medis akibat kecelakaan. Jika Anda memiliki mobil yang layak jalan, Anda wajib memiliki asuransi karena ini memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Sebelum Anda membeli asuransi mobil, pastikan bahwa Anda sudah memahami terlebih dahulu jenis asuransi mobil di Indonesia. Dengan mengetahui jenis asuransi mobil, maka Anda tidak akan kesulitan menentukan jenis asuransi mana yang cocok untuk mobil Anda.

Asuransi mobil memiliki dua jenis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive (All Risk). Berikut penjelasan singkatnya:

1. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi Total Loss Only atau disingkat TLO hanya memberikan perlindungan kerugian senilai lebih dari 75% dari harga mobil. Ini artinya, semua kerugian tidak ditanggungkan oleh perusahaan asuransi, melainkan hanya 75% dari harga mobil.

Jika harga mobil Anda mencapai Rp200 juta, maka kerugian yang bisa Anda dapatkan sekitar Rp150 juta atau lebih. Meskipun demikian, premi untuk jenis asuransi mobil ini cukup terjangkau. Tapi perlu diketahui, bahwa Anda tidak bisa mengajukan klaim apabila kerusakan hanya diakibatkan baretan saja.

2. Asuransi Mobil Comprehensive (All Risk)

Comprehensive atau juga dikenal All Risk adalah jenis asuransi mobil yang mencakup perbaikan mobil Anda dari kerusakan bahkan kerugian menyeluruh. Ini juga melindungi mobil Anda jika dicuri atau rusak karena kebakaran, banjir, atau vandalisme.

Dengan asuransi jenis ini, perusahaan asuransi menanggung seluruh risiko kerugian, bahkan Anda bisa mengajukan klaim jika mobil Anda mengalami baretan. Sehingga tidak heran jika preminya pun lebih mahal dibandingkan dengan asuransi mobil TLO.

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Untuk memilih polis asuransi terbaik, Anda perlu mengecek melalui beberapa parameter. Untuk mempermudah, kami telah memberi Anda daftar hal-hal yang perlu Anda cari saat membeli polis asuransi mobil.

1. Tentukan Jenis Asuransi Mobil

Saat memutuskan untuk membeli asuransi mobil, hal yang perlu Anda lakukan adalah memilih jenis asuransi mana yang cocok untuk Anda. Pikirkan apakah Anda dapat mengatasi jika mobil dicuri. Juga pertimbangkan apakah Anda mampu membayar kerusakan mobil orang lain jika Anda mengalami kecelakaan.

Sebelum mencari polis asuransi yang potensial untuk dipilih, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis asuransi mobil yang tersedia di pasar. Setelah Anda memahami jenisnya, Anda dapat dengan mudah menggali lebih jauh untuk mengetahui fitur yang digarisbawahi dengan menyesuaikan anggaran, kebutuhan, dan prioritas Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada dua jenis asuransi yang tersedia di Indonesia. Anda dapat memilih jenis asuransi yang paling Anda butuhkan. Jika Anda ingin semua kerugian ditanggung, itu artinya Anda membutuhkan asuransi mobil Comprehensive (All Risk).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video