Tingkatkan Pemerataan Kesehatan, Khofifah Resmikan 2 Gedung di RSUD Karsa Husada Batu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Pemerataan Kesehatan, Khofifah Resmikan 2 Gedung di RSUD Karsa Husada Batu

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Sabtu, 25 Maret 2023 15:16 WIB

BATU, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa meresmikan Gedung dan Gedung Instalasi Gizi Batu, Sabtu (25/3).

Peresmian gedung ini menjadi bukti komitmen dalam mewujudkan rumah sakit umum daerah yang representatif dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan prima kepada masyarakat.

“Sejak awal menjabat, kami terus berupaya melakukan peningkatan layanan kesehatan di Jawa Timur. Bahkan ini telah menjadi salah satu program yang kami prioritaskan,” ujar Gubernur .

Gubernur menginginkan, layanan kesehatan di Jatim bisa setara dengan rumah sakit unggulan di luar negeri yang menjadi langganan rujukan warga Indonesia. Bahkan ia sempat mencari tahu langsung apa yang membuat pasien dari Indonesia memilih berobat atau medical check up di rumah sakit tersebut.

Untuk itu, Gubernur mendorong rumah sakit-rumah sakit di Jawa Timur untuk bisa menemukenali potensi pasar yang ada. Serta kemudian menjadikan potensi itu sebagai ciri khas dari masing-masing keunggulan rumah sakit.

"Misalnya RSUD dr Soetomo bagus di penanganan penyakit jantung, RS Saiful Anwar di layanan ginjal, dan di penanganan stroke misalnya, itu akan jadi layanan unggulan," ujarnya.

Upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan dan pengembangan medical tourisme ini juga didukung dengan digitalisasi sistem manajemen yang baik. Mulai dari medical record hingga sistem rujukan terintegrasi (sisrute).

Sisrute merupakan sistem yang terus kita kembangkan untuk mengatasi persoalan rujukan berjenjang yang mengakibatkan panjangnya antrean pasien dan lamanya penanganan.

Usai meresmikan kedua gedung tersebut, Gubernur meninjau Gedung dan Gedung Instalasi Gizi didampingi oleh Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dan Direktur Batu dr. Muhammad Rizal. Sebelumnya juga sempat digelar istighosah bersama yang dipimpin oleh Dr. H. Badruddin.

Muhammad Rizal menyampaikan, Gedung Batu terdiri dari 3 lantai dengan total luas area sebesar 6.404 meter persegi.

Lantai 1 diperuntukkan sebagai Ruang Rawat Inap Amarilis dengan kapasitas 24 tempat tidur, serta digunakan sebagai pengembangan pelayanan hemodialisa sejumlah 10 unit mesin.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video