Musrenbang 2024 Kabupaten Mojokerto Tetapkan Empat Skala Prioritas Pembangunan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Musrenbang 2024 Kabupaten Mojokerto Tetapkan Empat Skala Prioritas Pembangunan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nina Puji Rahayu
Kamis, 30 Maret 2023 18:49 WIB

Bupati Ikfina memberikan sambutan dalam musrenbang 2024.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - menetapkan empat arah pembangunan dalam tahun 2024 mendatang. Keempat skala prioritas tersebut meliputi penurunan stunting, konvergensi program penghapusan kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi daerah, serta pemetaan dan penguatan infrastruktur.

"Untuk penurunan angka stunting, ada beberapa inovasi, yakni inovasi kampanye minum tablet tambah darah bagi remaja putri, dan calon pengantin yang disebut program calon pengantin bermasa depan emas. Inovasi mantau menu gizi bumil dan balita dan inovasi layanan terpadu pranikah," jelas Bupati Ikfina saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2024.

Acara yang digelar Bappeda di Pendopo Graha Maja Tama, Kamis (30/03/2023) ini dihadiri forkopimda, Kepala Bappeda Jatim, kepala organisasi perangkat daerah, camat, dan elemen masyarakat.

Tajuk musrenbang kali ini adalah pemulihan dan pengembangan perekonomian daerah dengan pemerataan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM serta transformasi ekonomi yang inklusif untuk terwujudnya Kabupaten Mojokerto yang adil dan makmur.

Orang nomor satu di Pemkab Mojokerto itu juga menyampaikan sejumlah strategi dalam penanganan kemiskinan. Menurutnya, ada tiga strategi utama yang akan dilakukan. Yakni penurunan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat, dan meminimalkan wilayah kantong kemiskinan.

Bupati menambahkan, pengendalian inflasi akan dilakukan pemantauan harga dan memastikan kesediaan bahan pokok, pemulihan ekonomi dan penguatan daya saing.

Bupati juga menyinggung soal pembenahan infrastruktur. "Program pemetaan dan penguatan infrastruktur yang berkondisi sudah naik mencapai 74,99 persen. Tahun depan akan meningkat seiring dengan pembangunan jalan dan jembatan di tahun 2024," urai bupati.

Berbicara di depan forum, Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mojokerto, Bambang Eko Wahyudi mengungkapkan proses musrenbang tersebut. Menurutnya, musrenbang dilaksanakan setelah proses panjang sejak Februari lalu. Ia mengatakan program ini diawali dengan musrenbang RKPD di kecamatan, forum konsultasi publik RKPD, forum perangkat daerah, musrenbang tematik perempuan, dan musrenbang tematik anak.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video