Perhatikan! ini Dia 7 Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Perhatikan! ini Dia 7 Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam

Editor: Redaksi
Jumat, 31 Maret 2023 17:05 WIB

Memilih jasa pindahan rumah yang aman dan terpercaya juga aspek penting yang tidak boleh diabaikan.

BANGSAONLINE.com - Pindah rumah adalah salah satu kegiatan yang tidak bisa dianggap remeh dan dilakukan secara asal-asalan. Ada sejumlah tata cara menurut Islam yang bisa diterapkan agar proses pindahan bisa berjalan lancar dan penuh dengan keberkahan. Lantas, seperti apa cara tersebut?

7 Tata Cara Pindahan Rumah Menurut Islam

Inilah beberapa tata cara menurut agama Islam yang bisa Anda terapkan:

1. Senantiasa Bersyukur kepada Allah SWT

Hal paling utama adalah mengucap syukur karena mendapatkan ridho dari Allah SWT untuk melakukan pindahan. Dengan banyak bersyukur, maka Allah SWT akan terus memberikan lebih banyak keberkahan kepada orang yang bersyukur tersebut. Bagi muslim yang tidak bersyukur, dalam Al-Quran sudah jelas disebutkan Allah SWT akan memberikan hukuman yang berat.

2. Mengucap Salam

Ketika memasuki rumah baru yang akan ditempati, jangan lupa untuk mengucap salam. Hal ini karena salam ini bisa mendatangkan kebaikan pada rumah dan orang yang akan tinggal di dalamnya. Rumah akan terasa lebih aman, nyaman, serta barokah.

3. Membaca Surah Al-Baqarah

Tak hanya mengucap salam, ada juga aturan yang perlu dilakukan, yaitu membaca surat Al Baqarah ketika . Tujuannya adalah untuk mencari perlindungan kepada Allah SWT. Bisa dilakukan dengan cara menyalakan murotal surat Al Baqarah dari smartphone sampai satu isi rumah mendengar.

4. Mengucapkan MasyaAllah

Salah satu cara bersyukur yang paling mudah ketika pindahan rumah adalah dengan mengucapkan MasyaAllah. Ini adalah ungkapan rasa senang, terharu, sekaligus terima kasih kepada Allah SWT yang mengizinkan proses pindahan berjalan dengan lancar.

5. Mengadakan Syukuran

Agar rumah baru semakin terasa nyaman, banyaklah mengumandangkan ayat Al Quran di dalamnya. Cara yang baik bisa dilakukan dengan mengadakan syukuran. Syukuran ini bisa dilakukan dengan khataman bersama keluarga besar, bisa juga dengan tetangga sekitar. Setelah pembacaan Al-Quran selesai, maka bisa ditutup dengan ramah tamah atau makan bersama.

6. Berkenalan dengan Tetangga

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video