Sekkota Surabaya Bantah Proyek Trem belum Miliki Studi Kelayakan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sekkota Surabaya Bantah Proyek Trem belum Miliki Studi Kelayakan

Jumat, 05 Juni 2015 12:40 WIB

Hendro Gunawan sekretaris Pemkot Surabaya saat memberikan keterangan pers di ruang sidang balai kota. (foto: istimewa)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penolakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) soal rencana pembangunan Angkutan Massa Cepat (AMC) berupa Trem lantaran belum memiliki feasibilty study (studi kelayakan) ditanggapi dingin Sekretaris Kota (Sekkota) Pemkot Surabaya, Hendro Gunawan.

Hendro Gunawan mengaku, Pemkot Surabaya sudah melakukan studi kelayakan untuk pembangunan AMC. Bahkan studi kelayakan tersebut sudah selesai sejak satu tahun yang lalu. “Mungkin belum ada sinkronisasi saja. Semua sudah disampaikan ke Kemenhub, Kemendagri (kementerian dalam negeri), dan Bappenas (badan perencanaan pembangunan nasional),” ungkapnya, Jum'at (4/6).

Menurut Hendro, terkait pembangunan AMC antara pemerintah kota dengan Kemenhub perlu melakukan penyamaan persepsi. Bisa jadi, lantaran tidak ada kesamaan pemahaman tentang proyek ini, Kemenhub salah persepsi. Sehingga Pemkot Surabaya dianggap tidak memiliki studi kelayakan.

Meski demikian, ia membenarkan jika saat ini masih ada sejumlah persyaratan dalam dokumen yang belum terpenuhi. Namun kekurangan itu lebih disebabkan karena adanya perubahan sistem pelaksanaan proyek Trem itu. “Sebelumnya sistem yang akan digunakan adalah public private partnership (PPP). Dalam perkembangannya konsepnya berbeda,” terangnya.

Hendro menjelaskan, sistem pengadaan AMC berupa Trem saat ini menggunakan kerjasama pemerintah dengan badan usaha milik negara (BUMN). Dimana PT KAI siap mendanai sepenuhnya pembangunan Trem yang membentang dari arah selatan ke utara Surabaya. “Jadi harus ada dokumen yang disempurnakan. Termasuk skenario pendanaan, dokumen yang ada sudah kita sampaikan, harapannya, setelah memberikan laporan pengadaan AMCnya dipercepat,” ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   trem

Berita Terkait

Bangsaonline Video