Baznas Jombang Serahkan Ratusan SK Unit Pengumpul Zakat Tingkat SD dan SMP | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Baznas Jombang Serahkan Ratusan SK Unit Pengumpul Zakat Tingkat SD dan SMP

Editor: Siswanto
Wartawan: Aan Amrulloh
Jumat, 07 April 2023 02:15 WIB

Penyerahan SK UPZ di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 354 Surat Keputusan (SK) Unit Pengumpul Zakat (UPZ), tingkat SD dan SMP se-, diserahkan oleh Baznas setempat, Kamis (6/4/2023).

Bertempat di Masjid Agung Baitul Mukminin , selain penyerahan SK UPZ, kegiatan tersebut sekaligus sosialisasi "Pengelolaan Zakat untuk Sekolah". Diharapkan, keberadaan UPZ dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses lembaga zakat.

Ketua Baznas , Didin A Sholahudin, mengungkapkan banyaknya lembaga yang belum berizin amil syar'i, tetapi melakukan penghimpunan zakat ke masyarakat. "Banyaknya lembaga yang tidak ber-SK amil syar'i tentu merugikan masyarakat. Karena menjadikan zakat yang dikeluarkan oleh Muzakki, diragukan keabsahannya," ujarnya.

Pada 2023, lembaga zakat yang telah ber-SK amil syar'i untuk tingkat nasional berjumlah 33 lembaga zakat, tingkat provinsi berjumlah 30 lembaga zakat, dan tingkat kabupaten/kota berjumlah 70 lembaga zakat.

Menurut pria yang akrab dengan panggilan Gus Didin mengatakan, masyarakat wajib mengetahui lembaga zakat yang telah memperoleh SK amil syar'i. Agar pembayaran zakatnya sah, dan benar-benar ditasarufkan kepada 8 ashnaf sesuai ketentuan fiqh zakat.

"Untuk itulah, Baznas mempunyai kewajiban melindungi masyarakat. Caranya dengan terus menerus lakukan edukasi dan membentuk UPZ baik di masjid, musala ataupun di sekolah," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video