Sekkota Surabaya: Pembangunan Trem Paling Lambat Tahun Depan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sekkota Surabaya: Pembangunan Trem Paling Lambat Tahun Depan

Jumat, 05 Juni 2015 21:08 WIB

Ilustrasi: trem. (foto: wikimedia)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kebutuhan warga metropolis akan angkutan massal cepat (AMC) sudah semakin urgent. Hal ini disebabkan oleh tingginya pertumbuhan volume kendaraan pribadi yang semakin membebani ruas jalan. Untuk itu, realisasi AMC dipandang sebagai sebuah solusi yang memunculkan harapan akan kondisi jalan yang lebih lancar dan nyaman.

Surabaya sebagai kota berwawasan lingkungan tengah menggagas moda transportasi alternatif berupa dan monorel. Di antara dua moda tersebut, diprediksi lebih dahulu dibangun. Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan memperkirakan pembangunan paling lambat tahun depan.

Hendro mengatakan, saat ini pihaknya sedang intens rapat dengan bapenas, kementerian perhubungan (kemenhub) serta world bank. Rapat tersebut membahas soal tindak lanjut technical assistance yang dilakukan oleh bapenas. Sedangkan kemenhub tengah fokus pada tahapan finalisasi desain. “MoU juga sudah ditandatangani. Tinggal persiapan detail desainnya saja,” kata mantan Kepala Bappeko Surabaya ini.

Sebagaimana diketahui, beberapa kota besar memang sedang berlomba-lomba menggalakan AMC. Namun, tidak sedikit yang harus terkendala sehingga proyek pembangunan berlarut-larut. Kendati demikian, Hendro mengaku optimistis proyek di Surabaya akan berjalan lancar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   trem

Berita Terkait

Bangsaonline Video