Jelang Mudik Lebaran, Gubernur Khofifah Tinjau Kesiapan Tol Paspro Gending-Probolinggo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jelang Mudik Lebaran, Gubernur Khofifah Tinjau Kesiapan Tol Paspro Gending-Probolinggo

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 10 April 2023 16:10 WIB

Gubernur Khofifah saat meninjau kesiapan Tol Pasuruan-Probolinggo.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur meninjau kesiapan Tol - (Paspro) di ruas tol Timur, tepatnya di exit tol Gending, Senin (10/4/2023). Ia mengatakan bahwa kesiapan di sana sangat penting sebagai langkah antisipatif lonjakan pemudik pada lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah kali ini.

Gubernur menjelaskan, prediksi pemudik yang akan menuju Jawa Timur tahun ini mencapai 21,3 juta orang, meningkat dari semula diperkirakan 18,1 juta orang pemudik akan menuju Jawa Timur pada lebaran 2023. Presiden Jokowi menyatakan, Jawa Timur merupakan salah satu tujuan utama pemudik.

"Berarti ada tambahan pemudik 3,1 juta orang, ini artinya bahwa proses untuk bisa melakukan berbagai hal yang bisa mengurangi kemungkinan kemacetan di titik-titik tertentu tentu harus kita lakukan secara lebih komprehensif lagi," paparnya.

Dalam upaya memberikan layanan yang maksimal bagi pemudik, bersama Kapolda Jatim, Pangdam V/Brawijaya beserta jajaran polres, kodim serta bupati/wali kota akan melakukan berbagai persiapan untuk memberikan layanan transportasi publik yang aman dan nyaman dengan berbagai infrastruktur yang telah disiapkan.

"Salah satunya adalah Tol Paspro gending ini yang diharapkan bisa memberikan layanan pada saat nanti," kata .

Tol Paspro ini memilki total panjang 43,75 km terdiri 4 seksi, yaitu Seksi 1 Grati -Tongas sepanjang 13,5 km, Seksi 2 Tongas- Barat sepanjang 6,9 km, Seksi 3 Barat- Timur sepanjang 10,9 km, Seksi 4A Timur-Gending sepanjang 8,5 km dan Seksi 4B sepanjang 3,8 km.

Gubernur menyebut, ruas tol Timur sejauh 12,5 km ini rencananya akan difungsikan pada tahun ini. Harapannya tol Paspro ini akan dapat mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri.

"InsyaAllah mulai tanggal 16 April sudah akan difungsikan sampai dengan 30 April dengan format bahwa tetap ada pintu ini (gerbang tol) tetap di-tap kartu tol nya dengan posisi bahwa ini nol tarif sampai dengan Timur, jadi nol tarif sampai Timur," tuturnya.

Ia menegaskan bahwa tol Paspro ruas Timur Gending ini dapat dimanfaatkan bagi pemudik yang memiliki akses kartu tol. Karena meskipun difungsikan dengan tarif Rp 0 tetapi tetap harus melalui pintu tol dengan _tapping_ kartu tol.

"Artinya bahwa mereka yang punya akses kartu tol yang memungkinkan bisa memanfaatkan gending sampai dengan Timur ini," ucapnya.

Namun, meminta kelengkapan tol yang belum rampung agar segera diselesaikan sebelum Tol Paspro seksi Timur - Gending mulai difungsikan. Ia mencontohkan marka jalan dan rambu lalu lintas yang belum tuntas sepenuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video