Kelebihan Hosting di Indonesia Dibanding Luar Negeri, Pertimbangkan Sebelum Menyesal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kelebihan Hosting di Indonesia Dibanding Luar Negeri, Pertimbangkan Sebelum Menyesal

Editor: Redaksi
Rabu, 12 April 2023 14:53 WIB

Ilustrasi. (Pixabay)

BANGSAONLINE.com - Memilih hosting yang tepat sangat menentukan kelancaran dalam mengelola di masa depan. Terutama bagi pemula yang ingin membangun , sebaiknya pertimbangkan beberapa kelebihan hosting di Indonesia dalam ulasan berikut ini.

Hosting Indonesia atau Cloud Hosting Indonesia sendiri merupakan hosting yang web servernya digunakan untuk menyimpan data (data center) yang terletak di Indonesia. Secara fisik, servernya berada di Indonesia atau biasa disebut dengan istilah Indonesia Internet Exchange.

Penasaran apa saja kelebihan menggunakan hosting di Indonesia? Simak selengkapnya hanya di bawah ini.

Kelebihan Hosting di Indonesia

1. Lebih Ekonomis

Dibanding hosting global, menggunakan hosting lokal dapat menghemat pengeluaran karena harga sewanya jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan mata uang yang digunakan untuk transaksi pembelian yakni rupiah.

Meski begitu, hosting lokal yang murah memberikan kapasitas penyimpanan yang besar. Selain itu, hosting lokal juga rajin memberikan potongan harga. Walaupun hanya berlaku satu tahun saja, tetap saja sangat menguntungkan.

Lainnya seperti program afiliasi juga kerap ditawarkan layanan hosting Indonesia. Program semacam ini memberikan sejumlah komisi pada pengguna hosting lokal dari setiap pembelian melalui link afiliasi yang diiklankan di mereka yang menggunakan hosting tersebut.

2. Lebih Cepat Diakses dari Indonesia

Kelebihan berikutnya jika kamu menggunakan hosting Indonesia yaitu potensi kecepatan akses dari Indonesia bisa dibilang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan server hosting memiliki data center yang terletak di Indonesia.

Dengan berpusat di dalam negeri seperti ini, proses router antara pusat data center dengan pembaca jadi lebih pendek. Demikian, pembaca lebih cepat mendapatkan informasi dari sebuah .

3. Cocok untuk Target Pembaca Lokal

Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya yakni soal kecepatan akses. Kecepatan tertinggi paling banyak dirasakan oleh pembaca yang berada di lokasi yang sama dengan lokasi web server hosting. Hal ini dikarenakan hosting lokal tidak bergantung dari koneksi internet internasional.

Maka dari itu, sebelum membeli hosting sebaiknya pertimbangkan dulu, apakah fokus utama target pembaca yang akan dibuat nanti untuk user yang berlokasi di Indonesia atau luar negeri?

Jika fokus utamanya adalah untuk pembaca lokal, maka menggunakan hosting lokal akan sangat menguntungkan.

Kecepatan akses ini juga berperan besar dalam mempertahankan pembaca. Apabila menggunakan hosting luar negeri kemudian pembaca dari Indonesia mengakses , kemungkinan besar pengunjung akan kabur duluan dan mencari halaman yang lebih cepat karena telah menggunakan layanan hosting yang pusat cloud VPS di Indonesia.

4. Customer Support Lancar

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video