6 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

6 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara

Editor: Sigit
Kamis, 13 April 2023 14:16 WIB

Makan bersama keluarga menjadi salah satu tradisi Hari Raya Idul Fitri. Foto: Pexels

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setiap negara tentunya memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam banyak hal, termasuk cara dalam merayakan Hari Raya Lebaran. Di Indonesia, lebaran disambut dengan meriah dan sukacita. Perayaan yang dilakukan umumnya adalah berkumpul bersama keluarga, makan ketupat, hingga bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR). Lantas bagaimana ? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 di berbagai negara.

1. Malaysia

Malaysia memiliki tradisi yang hampir sama dengan Indonesia. Ketupat dan rendang merupakan makanan yang ada pada saat lebaran.

Silaturahmi dilakukan antara keluarga, penghormatan dilakukan kepada yang lebih tua dan yang sudah bekerja bisa memberikan hadiah berbentuk uang kepada mereka. Setelah melakukan Salat Ied, mereka menyantap hidangan bersama-sama, dan setelah itu pergi berziarah ke makam sanak keluarga.

2. Mesir

Mesir juga memiliki tradisi yang sama dengan negara lain yakni silaturahmi. Namun bedanya, salah satu negara di benua Afrika tersebut hanya melakukan silaturahmi dengan keluarga saja, tidak dengan tetangga di sekitar kediaman mereka. Bersama keluarga, mereka berkumpul di taman sembari memakan hidangan khas lebaran yaitu Ranja. Ranja sendiri merupakan makanan yang terbuat dari ikan asin dan acar.

3. Arab Saudi

Hari Raya Idul Fitri di Arab Saudi diwarnai dengan pertunjukan seperti pembacaan puisi, pagelaran teater, parade musik, hingga seni tari. Hal ini dilakukan untuk memeriahkan hari spesial yang sudah ditunggu-tunggu selama setahun itu.

Selain itu, pernak-pernik khas Lebaran juga menghiasi rumah penduduk disana. Perayaan dimulai dengan Salat Ied, lalu menyantap makanan bersama keluarga, setelah itu barulah mereka pergi bersilaturahmi dengan sanak saudara serta tetangga. Daging domba yang dicampur dengan nasi ditambah dengan sayuran tradisional menjadi makanan khas lebaran di Arab Saudi.

4. Tiongkok

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video