Kemenkes Rencanakan Puluhan Ribu Obat Paxlovid dari Hasil Hibah akan Didistribusikan ke Rumah-rumah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kemenkes Rencanakan Puluhan Ribu Obat Paxlovid dari Hasil Hibah akan Didistribusikan ke Rumah-rumah

Editor: Annisa'a Ambarnis
Kamis, 13 April 2023 15:23 WIB

Kemenkes Rencanakan Puluhan Ribu Obat Paxlovid dari Hasil Hibah akan Didistribusikan ke Rumah-rumah Sakit. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima hibah dari Pemerintah Amerika dan Pemerintah Australia melalui WHO Indonesia yakni puluhan ribu obat nirmatrelvir/ritonavir (paxlovid) yang berbentuk tablet salut selaput sebagai obat Covid-19.

Budii Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan mengatakan obat tersebut akan didistribusikan ke beberapa rumah sakit dan apotek. Hal itu agar masyarakat mudah memperoleh obat tersebut bila terserang penyakit.

"Jadi terima kasih kepada Pfizer. Sekarang kami memiliki obat ini tersedia di negera ini. Dan sebentar lagi masyarakat akan dapat membeli dengan mudah dari semua apotek di seluruh negeri", ujar Budi pada Kamis (13/4/2023).

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Lucia Rizka Andalucia menyebut Paxlovid sudah mendapat izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Izin edar ini diterbitkan setelah sebelumnya BPOM juga menerbitkan EUA untuk antivirus Favipavir dan Remdesivir (2020), antibodi monoklonal Regdanvimab (2021) serta Molnupiravir (2022).

Berdasarkan hasil uji klinis, obat ini efektif mengobati gejala ringan Covid-19 yang beresiko tinggi menjadi gejala berat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video