Mahfud MD: IKN Nusantara akan Jadi Kota Inklusif dan Kosmopolit, Ciptakan Kerukunan Umat Beragama | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mahfud MD: IKN Nusantara akan Jadi Kota Inklusif dan Kosmopolit, Ciptakan Kerukunan Umat Beragama

Editor: Redaksi
Jumat, 14 April 2023 16:50 WIB

Menkopolhukam, Mahfud MD.

BALIKPAPAN, BANGSAONLINE.com - Menkopolhukam, Mahfud MD, mengatakan bahwa Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur bakal menjadi daerah yang inklusif dan kosmopolit. Ia pun berharap kerukunan umat beragama terwujud di sana.

Mahfud mengungkapkan hal itu saat menghadiri Nuzulul Qur’an perdana di IKN yang berlangsung di Masjid Al-Ikhawan, lokasi hunian pekerja konstruksi, Kamis (13/4/2023) malam. Selain Menkopolhukam, juga ada Menteri PUPR Basuki Hadimulyono; Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni; dan Imam Besar Masjid Istiqlal, KH. Nasaruddin Umar, selaku penceramah.

“Tadi sambil bergurau, Kepala Otorita IKN Pak Bambang Susantono mengatakan pada saya, besok-besok mungkin akan ada peringatan Nuzulul Qur’an di ibu kota ini dengan peserta puluhan atau bahkan ratusan ribu orang, tapi tidak akan pernah ada lagi yang pertama, kecuali hari ini,” urai Mahfud.

Ia pun membuka acara bertajuk 'Merawat Kerukunan Umat Beragama' ini dengan mengucap syukur karena Tuhan Yang Maha Esa memberikan izin para tokoh dari berbagai agama, dan para pekerja konstruksi berkumpul di IKN untuk memperingati turunnya kitab suci Alquran saat Ramadhan. Menurut dia, agenda tersebut tercatat dalam sejarah.

Ungkapan dari Menkopolhukan langsung disambut tepuk tangan sekitar 150 hadirin dari kalangan pekerja konstruksi IKN, para tokoh dari berbagai agama, ulama, dan tokoh adat dari berbagai wilayah di Kalimantan Timur.

Ketika Nabi Muhammad membangun Kota Madinah, kata Mahfud, beliau mengumpulkan para tokoh dan pemuka dari berbagai agama, dan Nabi kemudian mengumumkan bahwa dirinya akan membangun Madinah sebagai kota yang inklusif dan kosmopolit, yang menghargai kesamaan hak warga dari berbagai agama dan suku yang berbeda-beda. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video