Malam 25 Ramadhan, Berikut Pesan Wakil Bupati Gresik saat Ziarah ke Makam Sunan Giri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Malam 25 Ramadhan, Berikut Pesan Wakil Bupati Gresik saat Ziarah ke Makam Sunan Giri

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Minggu, 16 April 2023 16:43 WIB

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat ziarah di Makam Sunan Giri. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati , Aminatun Habibah, didampingi sekretaris daerah kabupaten, Achmad Washil Miftahul Rachman, bersama Forkopimda, dan kepala OPD setempat ziarah ke Makam , Sabtu (15/4/2023) malam. Kegiatan ini merupakan tradisi malam selawe (dua puluh lima) saat Ramadhan di Kota Pudak. 

"Malam selawe salah satu dari malam ganjil yang istimewa di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Karena di malam itu, turunnya malam lailatul qadar," kata (sapaan akrab Wakil Bupati ).

Berdasarkan sejarah, ia mangatakan bahwa tradisi malem selawe merupakan agenda rutin di malam ke-25 bulan Ramadan. Tradisi ini dipercaya telah ada sejak zaman Raden Paku ().

"Kala itu, sebelum mudik, mengajak para santrinya untuk beri'tikaf di Masjid Giri, dengan harapan mendapatkan berkah malam lailatul qadar," ungkapnya.

Pada era sekarang, tradisi Malam Selawe berkembang tidak hanya beri'tikaf di masjid. Melainkan juga berziarah di Makam dan melakukan berbagai amaliyah lainnya.

Menurut dia, fenomena ini juga berdampak positif pada ratusan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berjualan di sekitar lokasi makam.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video