Kesenian Madura dan Ponorogo Sambut Kedatangan Kirab Pemilu 2024 di Surabaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kesenian Madura dan Ponorogo Sambut Kedatangan Kirab Pemilu 2024 di Surabaya

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Maulana
Rabu, 10 Mei 2023 19:45 WIB

Pataka Pemilu 2024 saat tiba di Kantor KPU Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kedatangan Kirab di , Selasa (9/5/2023), disambut meriah dengan kesenian Madura dan Ponorogo. Kegiatan bertajuk 'Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa' sudah diluncurkan di tujuh titik di seluruh Indonesia pada 14 Februari 2023 guna meningkatkan partisipasi masyarakat pada pesta demokorasi mendatang.

Di Kalimantan Timur bendera merah putih, bendera pataka , dan bendera 18 parpol dikirab di 8 kabupaten/kota. Setelah menempuh perjalanan selama 56 hari, akhirnya rombongan kirab tiba Jalan Adityawarman 87.

Kemudian, dilakukan proses penyerahan secara resmi dari Kalimantan Timur ke Jatim sebagai estafet. Selanjutnya oleh  Jatim diserahkan kepada untuk disosialisasikan di 31 kecamatan.

Sementara Kirab di Jatim disosialisasikan ke masyarakat hingga 31 Oktober 2023. Selanjutnya, akan dikirab menuju Gunung Kidul (Jogjakarta) dan oleh Jatim diserahkan ke Daerah Istimewa Jogjakarta (DIY). 

Sedangkan puncak semua kirab dari tujuh jalur di RI pada 25 Desember 2022. Selain kirab bendera, juga dilakukan pembacaan deklarasi partai politik oleh Ketua , Nur Syamsi, dan penandatanganan pakta integritas oleh semua parpol peserta .

Syamsi mengucapkan selamat datang kepada Kaltim dan Balikpapan yang sudah menempuh perjalanan panjang dengan kapal laut.

“Kota adalah salah satu titik yang dilewati Kirab . Semoga yang kami ikhtiarkan menyambut kirab bisa menjadi salah satu bagian dari tema besar , yakni Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa,” ujarnya.

Perwakilan dari Kaltim, Ajib, berterima kasih karena kirab bendera ini disambut meriah di . Bahkan, PPS dan PPK ikut menyambut rombongan. 

“Ini penghargaan bagi kami, Balikpapan dan Kaltim,” tuturnya.

Ia pun menjelaskan, seperti disaksikan bersama, warna bendera pataka warnanya mulai kusam. Menurut dia, ini adalah bukti kirab bendera benar-benar dilakukan keliling tujuh provinsi sejak 14 Februari 2023, tepat setahun menjelang .

“Bentuk dan warna sengaja tidak kami ganti karena ini sebagai bukti sejarah,” ucapnya.

Ajib menjelaskan, selama di Kaltim, kirab 18 bendera parpol telah dilakukan di 8 kabupaten/kota.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video