Petrokimia Gresik Berikan Pendampingan Pertanian Komprehensif di Gianyar Bali | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Petrokimia Gresik Berikan Pendampingan Pertanian Komprehensif di Gianyar Bali

Editor: Siswanto
Wartawan: Syuhud
Jumat, 12 Mei 2023 21:47 WIB

Direktur Operasi & Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih (empat dari kanan) saat panen raya. Foto: Ist.

GIANYAR, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik merupakan perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding memberikan pendampingan pertanian komprehensif. Mulai dari budidaya tanaman, hingga pengolahan produk pascapanen di Kabupaten Gianyar, Bali.

Pendampingan ini, ditandai dengan panen demonstration plot (demplot) program Makmur di Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.

Direktur Operasi & Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih mengatakan, pendampingan budidaya tanaman dijalankan perusahaan melalui program Makmur.

Ia menjelaskan, Petrokimia Gresik melakukan demplot padi di tujuh titik, dengan rata-rata produktivitas yang meningkat hingga 25 persen, dibandingkan dengan petani sebelumnya.

"Rata-rata hasil panen dari demplot Program Makmur ini mencapai 7,375 ton/Ha. Sementara produktivitas padi di sini sebelumnya hanya 5,9 ton/Ha," ucap Digna, Jumat (12/5/2023).

Peningkatan dari hasil panen menggunakan rekomendasi pemupukan berimbang, Petrokimia Gresik, yaitu Phosgreen (100 kg/Ha), ZA Plus (50 kg/Ha), pupuk organik Petroganik Premium (500 kg/Ha), Urea Nonsubsidi (200 kg/Ha) dan NPK Phonska Plus (300 kg/Ha).

"Produk pupuk yang kami hadirkan ini juga merupakan alternatif substitusi bagi petani yang membutuhkan produk ZA, SP-36 dan Petroganik yang saat ini sudah tidak lagi disubsidi oleh pemerintah sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022," tuturnya.

Ia mengatakan, pihaknya telah memberikan kandungan tambahan yang dibutuhkan tanaman pada pupuk tersebut. Bukan sekedar pembeda dengan produk subsidi, namun tambahan kandungan ini akan memberikan hasil lebih optimal.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video