Pembangunan Pariwisata di Era Digital Berbasis Alokasi Dana Desa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pembangunan Pariwisata di Era Digital Berbasis Alokasi Dana Desa

Editor: Redaksi
Senin, 22 Mei 2023 19:42 WIB

Tim pengabdian masyarakat UPN Veteran Jatim saat melakukan sosialisai.

Oleh: Bayu Priambodo

Pariwisata sebagai suatu industri dapat diasumsikan sebagai salah satu jenis industri baru yang mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat, terutama dalam penyediaan lapangan pekerjaan, peningkatan penghasilan dan merangsang munculnya sektor informal seperti aneka makanan khas, cendera mata, kerajinan tangan, jasa pemandu wisata dan transportasi.

Pelaksanaan pembangunan daerah diarahkan untuk memacu pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan pendayagunaan potensi- potensi yang dimiliki secara optimal. Sektor pariwisata di Indonesia saat ini dinilai efektif peranannya dalam menambah devisa negara. 

Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan kebutuhan pariwisata, tidak hanya di Indonesia, namun di seluruh dunia. Pertumbuhan kebutuhan manusia akan pariwisata menyebabkan sektor ini dinilai mempunyai prospek yang besar di masa yang akan datang. 

Sektor pariwisata mampu menghidupkan ekonomi masyarakat di sekitarnya, pariwisata juga diposisikan sebagai sarana penting dalam rangka memperkenalkan budaya dan keindahan alam daerah terkait

Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata dan sedang berkembang adalah Kabupaten . Objek wisata Kabupaten dapat dikategorikan menjadi empat jenis antara lain: Wisata alam, wisata seni dan budaya, wisata heritage serta wisata buatan.

Sedangkan menurut prioritas pengembangan dibedakan dalam dua jenis yaitu : wisata unggulan dan wisata alternatif, menurut spot wisata dibagi menjadi 5 yaitu : Wisata alam, wisata buatan, wisata heritage, wisata kuliner dan wisata budaya. 

Potensi wisata kabupaten terutama bagi wisatawan domestik sangat populer bagi masyarakat diluar kabupaten , sehingga banyak calon wisatawan yang penasaran untuk mencoba berwisata dan liburan di . Hal ini membuat Kabupaten memiliki potensi besar dalam pengembangan destinasi wisata yang ramai dan bertaraf nasional.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video