Gubernur Khofifah Sebut Pancasila adalah Perekat Kebhinekaan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Sebut Pancasila adalah Perekat Kebhinekaan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Kamis, 01 Juni 2023 17:47 WIB

Gubernur Khofifah saat memberi sambutan dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2023.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur terus mengingatkan kepada masyarakat bahwa merupakan perekat kebhinekaan. Menurut dia, semangat persatuan dari inilah yang akan selalu menjadi dasar kuat agar masyarakat tidak mudah terpecah belah karena adanya perbedaan.

“Meski berbeda agama, berbeda suku, budaya dan bahasa, berbeda warna kulit tapi kita semua satu dalam jiwa Indonesia dan semangat ,” ujarnya usai upacara Hari Kelahiran di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (1/6/2023).

Di kesempatan tersebut, Ketua Umum Muslimat NU ini juga mengingatkan kepada masyarakat,agar selalu bersiap menjadi game changer, agar tercipta gagasan yang dapat memberi makna baru bagi lingkungan maupun mengubah dunia.

Hal tersebut senada dengan tema Hari lahir tahun ini, yakni ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’,. Dengan semangat tema ini, kata , masyarakat diharapkan terus mampu menghadapi tantangan global.

“Kita harus mau bekerja sama, saling menghormati, membantu utamanya di era peradaban global untuk memaknai nilai kebersamaan,” tuturnya.

Lebih lanjut mantan Menteri Sosial ini menambahkan, adanya elaborasi dalam kehidupan ber di lingkungan masyarakat juga harus terus dipraktekkan. Salah satunya yakni hidup bergotong royong dalam upaya untuk menghidupkan nilai-nilai kebhinekaan.

“Spirit ini harus terus digaungkan, karena ini merupakan tradisi yang harus kita jaga hingga lintas generasi,” katanya.

Tak dipungkiri, pun menyampakan berbagai tantangan di era ini. Salah satunya, yakni ideologi alternatif yang kerap disuarakan melalui media sosial dan justru mudah diakses oleh seluruh masyarakat.

“Harus terus dicarikan solusi agar seperti radikalisme, ekstremisme, dan konsumerisme ini dipahami masyarakat kita dan mereka tidak kehilangan daya tarik untuk memahami dan mendalami nilai-nilai ,” imbuhnya.

Pada upacara Hari Kelahiran tersebut, di depan ribuan undangan yang hadir, Gubernur juga membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia dalam upacara peringatan Hari Lahir tahun 2023.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video