Peringati Hari Lahir Pancasila, Situs Ndalem Pojok Kediri Gelar Tasyakuran dan Diskusi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Peringati Hari Lahir Pancasila, Situs Ndalem Pojok Kediri Gelar Tasyakuran dan Diskusi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 01 Juni 2023 19:38 WIB

Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno Kediri, Kushartono (paling kanan), usai tasyakuran Hari Lahir Pancasila. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com Persada Sukarno, di Desa Pojok Kecamatan Wates, Kabupaten , menggelar tasyakuran dan diskusi bertajuk 'Napak Tilas Tempat Awal Penggalian ', Rabu (31/5/2023) malam. Agenda tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lahir tahun ini.

Ketua Harian Persada Sukarno , Kushartono, mengatakan bahwa kebanyakan orang mengira bahwa awal Soekarno menggali Dasar Negara Republik Indonesia itu ada di di Ende, NTT.

Saat itu, lanjutnya, Soekarno dibuang di pengasingan oleh Belanda dan tinggal di rumah sederhana yang terletak di jalan Perwira, Kelurahan Kotaraja, Ende Utara, antara tahun 1934-1938. Hingga sebagian orang menyebut Ende adalah rahimnya .

"Bung Karno dibuang ke Ende itu antara tahun 1934-1938. Sementara dalam Pidato 1 Juni 1945, Bung Karno menegaskan bahwa sudah digali sejak tahun 1918 bukan hanya dalam waktu semalam," paparnya, Kamis (1/6/2023).

Jadi, dengan menunjukkan fakta dalam pidato 1 Juni 1945 yang menegaskan bahwa sudah digali sejak tahun 1918, diharapkan masyarakat akan sadar bahwa tidaklah mudah merumuskan dasar negara.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video