Napak Tilas Tempat Soekarno Awal Menggali Pancasila | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Napak Tilas Tempat Soekarno Awal Menggali Pancasila

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 01 Juni 2023 21:29 WIB

Peserta Napak tilas tempat Soekarno, awal menggali Pancasila di sebuah pohon kepuh di belakang Situs Ndalem Pojok. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Beberapa komunitas, ormas dan tokoh lintas agama yang tergabung dalam Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia, Kamis (1/6/2023), mengadakan napak tilas sejarah ditempat Bung Karno merenung dan menggali Dasar Negara .

Ketua Harian Persada Sukarno, Kushartono, mengatakan bahwa napak tilas dilakukan di Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian tasyakuran Hari Lahir 1 Juni 2023.

“Lokasi napak tilas ini berupa pohon kepuh besar yang rindang berada dipinggir sungai tepat dibelakang di yang usianya sudah ratusan tahun," ujar , Kamis (1/6/2023).

Menurut dia, dibawah pohon Kepuh tersebut adalah tempat awal Soekarno menggali . Sebagaimana disinggung sendiri oleh Bung Karno dalam pidato 1 Juni 1945 bahwa dasar negara sudah mulai digali sejak tahun 1918.

Masih menurut Kushartono, ada tujuh tinjuan yang menguatkan awal penggalian ada di . Pertama tinjauan sejarah, kedua tempat sejarah, tiga silsilah, empat makna filosofi, lima ilmu botani, enam nama , tujuh kesaksian keluarga dan cerita tutur.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video