Ternyata Bukan Hanya Pancasila, Nama Soekarno Juga Berasal dari Bumi Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ternyata Bukan Hanya Pancasila, Nama Soekarno Juga Berasal dari Bumi Kediri

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 09 Juni 2023 17:27 WIB

Seorang pengunjung Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno saat mengamati piagam yang menyebut perubahan nama Soekarno dari yang sebelumnya Koesno. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ternyata tidak hanya nama sebagai dasar negara yang diyakini berawal dari Bumi , nama juga berasal dari sana. Ada bukunya dan sudah diakui oleh pihak keluarga .

Ketua Persada Sukarno, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten , Kushartono, menjelaskan bahwa memang awalnya belum banyak yang tahu dan ada juga yang meragukan kalau nama itu dari di Bumi .

"Untuk itulah beberapa kali kita buat forum diskusi. Ada sumber bukunya perubahan nama Koesno menjadi . Dan dalam forum diskusi sudah tidak ada perdebatan, sudah final, apalagi ada pengakuan pihak keluarga, putra Bung Karno,”ujar Kushartono, Jum’at (9/6/2023).

Menurut dia, pengakuan nama yang berasal dari Bumi ini bukan hanya pengakuan lisan, tapi pengakuan resmi dari pihak keluarga, ada pengakuan resmi beserta piagamnya.

"Dalam piagam tersebut tertulis 'Penghargaan setinggi-tingginya diberikan kepada Rumah Masa Kecil Bung Karno dan tempat perubahan nama Koesno menjadi , Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten , Jawa Timur'. Jadi disebutkan dalam piagam penghargaan itu yaitu Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten . Ini kan Bumi jadi nama dari Bumi ,” paparnya.

Berdasarkan buku-buku, lanjut Kus, memang lahir dengan nama Koesno karena sakit-sakitan nama Koesno kemudian diganti menjadi hal ini disinggung sekilas dalam buku 'Penyambung Lidah Rakyat' karya Cindy Adams.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video