Komunitas SKM Kota Madiun Bersama UPT PMPI TK Malang Terbitkan Sertifikat Halal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Komunitas SKM Kota Madiun Bersama UPT PMPI TK Malang Terbitkan Sertifikat Halal

Editor: Siswanto
Wartawan: Hendro Suhartono
Selasa, 13 Juni 2023 19:47 WIB

Penyerahan sertifikat halal secara simbolis oleh kepala UPT PMPI TK Malang. Foto : Hendro Suhartono/BANGSAONLINE.com

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Usai masa pandemi, di Jawa Timur ada 3 sektor yang menjadi penggerak perekonomian. Salah satunya yaitu sektor produksi terutama produksi rumahan.

Sehingga hal ini ditangkap oleh para pelaku untuk meningkatkan persyaratan yang diperlukan agar bisa dan layak di pasaran.

Salah satu pelaku UMKM yang menangkap peluang ini, Sri Mariyani (Yuni Suni) mengakomodir sesama pelaku UMKM dan mendirikan Komunitas UMKM Sejahtera Karya Mandiri (SKM) dan ditunjuk sebagai ketua. Kemudian, mengajukan segala bentuk perizinan yang diperlukan secara kolektif untuk anggotanya.

Kali ini, SKM menggandeng Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Mutu Produk Industri (PMPI) dan Teknologi Kreatif (TK) Malang, untuk memfasilitasi para anggota SKM, agar bisa memiliki sertifikat halal.

Hal ini, sesuai dengan salah satu program SKM yaitu, Menuju 1000 Produk Halal 2024, sebagaimana yang disampaikan Yuni Suni kepada BANGSAONLINE.com, usai penjelasan sertifikasi halal dan penyerahan sertifikat halal di Angkringan Geprek Kanigoro, Kota Madiun.

"Awalnya temen-temen belum tergabung dalam komunitas UMKM manapun dan sangat awam mengenai perijinan, sertifikat halal, PIRT dan mereka minta diwadahi untuk membentuk satu kelompok. Sehingga terbentuklah komunitas ini (SKM, red)," terang Yani Suni sambil mengingat berdirinya komunitas UMKM SKM, Selasa (13/6/2023).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video