Peningkatan Ekonomi Tinggi, Tuban Raih Penghargaan IAI

Rabu, 17 Juni 2015 16:50 WIB

Bupati Tuban, H. Fathul Huda ketika menerima penghargaan IAI yang diberikan langsung oleh Menteri dalam Negeri, Tjajo Kumolo. (foto: suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban meraih penghargaan Indonesia Attractivenes Index (IAI) dari tempo media group dan frontier consulting group.

Penghargaan tersebut diterima oleh Bupati, lantaran Kabupaten Tuban termasuk salah satu wilayah yang memiliki peningkatan dan kemajuan ekonomi. Salah satu contohnya yakni Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dimiliki Kabupaten Tuban. Sampai detik ini PDRB terus mengalami kenaikan secara signifikan. Rinciannya pada 2012 PDRB tercatat Rp 9,650 triliun lebih, namun saat ini mengalami kenaikan hingga sebesar Rp 13,6 triliun lebih.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda menceritakan, pemberian penghargaan ini sebelumnya dilakukan penyaringan dengan melalui survey dan pengolahan data, khususnya riset mengenai daya tarik tingkat Kabupaten atau kota dengan melibatkan investor dan publik. Setelah disaring, selanjutnya ditetapkan Kabupaten Tuban sebagai pemenang IA dengan nilai index total sebesar 65.85.

“Penghargaan ini menunjukkan, bahwa Tuban berpotensi besar menarik investor dalam memajikan ekonomi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tuban menerima penghargaan tersebut pada Jum’at (12/6) lalu di Hotel Mulia Senayan, Jakarta yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (mendagri), Tjahjo Kumolo.

Sedangkan Kepala Bagian Humas dan Media Pemkab Tuban, Teguh Setyobudi kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (17/6) mengatakan, penghargaan IAI ini digelar untuk memberikan apresiasi pada pemerintah daerah yang bekerja keras meningkatkan kemajuan ekonomi di daerah.

Kabupaten Tuban merupakan yang termasuk menjadi sasaran survey program ini bersama 112 kota atau kabupaten yang lain se-Indonesia. Hasilnya, Tuban mendapatkan urutan 21 dari 25 kabupaten dan kota se-Indonesia yang mendapat IAI. Sedangkan, Kabupaten lain di Jawa Timur yang mendapatkan IAI diantaranya Kabupaten Sidoarjo urutan ke-7, Kabupaten Banyuwangi, urutan ke-8, Kabupaten Gresik urutan ke-11 dan Kebapaten Jember urutan ke-18.

“Penghargaan ini tidak membuat besar kepala, namun tugas kita lebih bekerja keras meningkatkan pertumbuhan ekonomi kabupaten Tuban menjadi lebih baik, selain membenahi infrakstruktur dan pelayanan publik dengan baik,” tambah Teguh. (wan/rvl)