Tutup Rakernas V Pergunu, Mendag Zulkifli: Lulusan Aliyah Banyak Jadi Menteri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tutup Rakernas V Pergunu, Mendag Zulkifli: Lulusan Aliyah Banyak Jadi Menteri

Editor: M Mas'ud Adnan
Minggu, 18 Juni 2023 18:06 WIB

Mendag RI Zulkifli Hasan mengamini doa yang dipimpin Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, usai peletakan batu pertama pembangunan wisma santri putra Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka Jawa Barat, Ahad (18/6/2023). Foto: MMA/bangsaonline

MAJELANGKA, BANGSAONLINE.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) yang berlangsung sejak Sabtu (17/6/2023) kemarin berakhir sore ini, Ahad (18/6/2023). Rakernas yang berlangsung di Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka Jawa Barat itu ditutup Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan di Aula lantai III Gedung KH Abdul Chalim Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Majalengka Jawa Barat sore ini, Ahad (18/6/2023).

Yang menarik, Bang Zul -panggilan Zulkif Hasan - saat menutup Rakernas V Pergunu lebih banyak memberi motivasi secara rileks dan penuh canda. Ketua Umum Partai Nasional (PAN) itu memulai cerita tentang dirinya dan pendidikan yang ia tempuh.

“Saya juga guru. Saya dulu sekolah di ,” kata Bang Zul. adalah Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri. “Kalau kalian Aliyah (Madrasah Alyah) berarti lebih muda dari saya,” tambahnya.

Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, memberikan buku kepada RI Zulkifli Hasan. Foto: bangsaonline

Menurut dia, lulusan dan Madrasah Aliyah tak kalah dengan lulusan sekolah umum seperti SMA dan lainnya. “Saya dua kali jadi menteri,” kata Bang Zul.

Ia pernah menjadi Menteri Kehutanan Indonesia pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kini ia Menteri Perdaganan RI.

Menurut dia, banyak sekali lulusan Madrasah Aliyah yang jadi tokoh besar. Bang Zul menyebut beberapa nama. “Ketua MK, Pak Anwar Usman itu lulusan Aliyah,” ujar suami Soraya Muhammad Ali itu.

“Pak Dahlan Iskan juga lulusan Aliyah,” tambah Bang Zul. Dahlan Iskan adalah wartawan kondang dan tokoh pers yang pernah menjabat Menteri BUMN ada era Presiden SBY.

“Pak Mahfud MD juga lulusan Aliyah,” kata Bang Zul lagi. Saat Zulkifli Hasan menyebut nama Mahfud MD para ketua PW dan PC Pergunu yang datang dari seluruh Indonesia itu langsung gemuruh dan bertepuk tangan. Bang Zul tampak paham. Ia langsung tertawa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video