Diikuti 2.500 Peserta, Rakernas V Pergunu: Pemimpin Nasional Harus Bersih, Jujur & Berantas Korupsi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Diikuti 2.500 Peserta, Rakernas V Pergunu: Pemimpin Nasional Harus Bersih, Jujur & Berantas Korupsi

Editor: M Mas'ud Adnan
Selasa, 20 Juni 2023 08:17 WIB

Wamenag RI H. Zainut Tauhid Sa'adi saat membuka Rakernas V Pergunu didampingi Ketua Umum PP Pergunu KH Asep Saifuddin Chalim dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Leuwimunding Majalengka Jawa Barat. Foto: bangsaonline/Humas Pemprov Jatim

MAJALENGKA, BANGSAONLINE.com – Bumi Leuwimunding Majalengka Jawa Barat tiba-tiba menggelegar. Desa kecil berpenduduk sekitar 6.000 jiwa yang selama ini tak dikenal publik itu langsung mencuat secara nasional.

Sejumlah ulama, pejabat tinggi negara, tokoh nasional dan lokal berbondong-bondong hadir ke bumi tempat pembaringan KH Abdul Chalim, salah seorang kiai pendiri Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

Para ulama, pejabat tinggi negara dan tokoh nasional serta lokal itu datang ke Leuwimunding untuk memenuhi undangan Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, putra ke-9 Kiai Abdul Chalim. Kiai Asep yang populer sebagai pendiri Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Mojokerto Jawa Tmur itu memang Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu).

Nah, di bawah kepemimpinan Kiai Asep, Pergunu menggelar perhelatan akbar. Yaitu Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V yang digelar di Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02 Leuwimunding Jawa Barat, Sabtu dan Ahad (17-18/6/2023).

Tak tanggung-tanggung. Rakernas V Pergunu itu diikuti 2.500 engurus Pergunu dari seluruh Indonesia.

“Yang kita undang hanya ketua dan sekretaris pengurus wilayah dan cabang saja,” kata Ketua Panitia Rakernas V Pergunu Dr Saepulloh kepada BANGSAONLINE.com.

Pantauan BANGSAONLINE di lokasi acara, tenda besar berkapasitas 2.200 orang itu full peserta. Ditambah lagi tenda tambahan berkapasitas 300 orang. Belum lagi para penggembira yang bertebaran di luar tenda.

Tak aneh, jika banyak peserta blingsatan karena kepanasan dan berdesakan. Kipas angin dan AC tak memadai. Apalagi massa membludak. 

Untung, kursi deretan VIP relatif dingin, meski salah seorang tokoh nasional yang duduk bersebelahan dengan BANGSAONLINE di kursi VIP mengaku kepanasan. Ia minta panitia agar mengarahkan AC ke tempat ia duduk.

Hebatnya, meski berpanas ria, tapi peserta Rakernas V Pergunu tak beranjak sedikitpun. Mereka mulai pagi hingga sore tetap mengikuti acara demi acara. Tentu sambil kipas-kipas karena kepanasan.

"Ini bedanya dengan organisasi lain. Militansi Pergunu luar biasa. Kalau organisasi lain, setelah istirahat, tinggal separo bahkan sudah kosong," tutur seorang peserta.

Selain pengurus Pergunu dari seluruh Indonesia, acara pembukaan Rakernas V itu diikuti para pengurus NU, Muslimat NU, Fatayat NU, IPNU, Ansor dan berbagai undangan organisasi lain, termasuk MUI. 

Acara akbar Pergunu itu dijaga ratusan Banser, TNI dan polisi. Bahkan mereka selama dua hari bertebaran di bumi Leuwimunding yang gemuruh dengan manusia dari seluruh Indonesia.

Pergunu di bawah kepemimpinan Kiai Asep memang solid dan menggurita. Figur dan kharisma Kiai Asep yang mandiri serta ikhlas penuh idealisme menjadi garansi utama bagi kemajuan Pergunu.

Di bawah kepemimpinan Kiai Asep pula kepengurusan Pergunu merata di seluruh Indonesia. Sekitar 515 pengurus cabang dan 38 pengurus wilayah atau provinsi Pergunu telah berdiri dan dilantik langsung oleh Kiai Asep.

Lalu siapa saja ulama, pejabat tinggi negara dan tokoh yang hadir? Seperti diberitakan BANGSAONLINE, antara lain: Menko Polhukam Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawasa, Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, mantan Waka BIN dan Waketum PBNU KH As’ad Said Ali.

Juga hadir ulama ultra rasional sekalligus pengasuh Pondok Pesantren Cadangpinggan Indramayu Prof Dr Abul Syakur Yasin, MA (Buya Syakur) dan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando.

Hadir pula Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, Rais Syuriah PWNU Jawa Barat Dr KH Abun Bunyamin, Ketua PW Muslimat NU Jawa Barat Ratu Ella Girikomala, Anggota DPR RI Maman Imanul Haq, Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra, dan tokoh lainnya.

Kiai Asep Saifuddin Chalim selaku tuan rumah sekaligus sahibul hajah tak bisa menyembunyikan kegembiraan dan kebanggaannya. Ia terharu atas kehadiran para ulama, pejabat tinggi negara dan tokoh-tokoh nasional itu.

Pantauan BANGSAONLINE, berkali-kali kiai miliarder tapi dermawan itu mengucapkan rasa syukur.

“Alhamdulillah sukses dan banyak yang hadir,” kata Kiai Asep Saifuddin Chalim sembari mengucapkan terimakasih.

Dan yang paling membanggakan Kiai Asep, banyak warga Leuwimunding dan Majalengka Jawa Barat hadir berpartisipasi untuk menyemarakkan Rakernas V Pergunu, meski cukup berada di luar tenda acara. Mereka rela berpanas-panas di tengah lapangan untuk menyemarakkan Rakernas V Pergunu.

Seperti umumnya orang desa, mereka lari berhamburan ketika pejabat dan tokoh turun dari mobil yang dikawal patwal. Mereka ingin tahu siapa saja tokoh yang hadir. Bahkan tanpa dikomando mereka membentuk pagar betis dari ujung alun-alun hingga pintu tenda acara.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video