Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

Editor: Furi Imanuria
Kamis, 22 Juni 2023 03:03 WIB

Foto: Pixabay

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebagai umat muslim yang akan melaksanakan , penting diketahui bagaimana tips untuk memilih sesuai syariat Islam.

Sudah semestinya hewan yang dijadikan kurban haruslah halal secara Islam. namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memenuhi syarat layak sebagai hewan kurban. Berikut simak :

1. Hewan Ternak Yang Memenuhi Syarat

Hewan yang dijadikan kurban dipastikan adalah hewan ternak. Hewan ternak yang diperbolehkan untuk dijadikan kurban seperti unta, domba, kambing, kerbau, sapi. Hewan tersebut harus memenuhi syarat sehat contoh bulu bersih, nafsu makan tinggi, lincah, tidak ada kutil di rongga mulutnya, nafas normal, mata tidak sakit, telinga tidak ada bintik hitam.

2. Umur Hewan Kurban

Umur hewan yang akan dijadikan kurban harus sesuai dengan syariat Islam. Jika berkurban kambing atau domba syarat umur minimal adalah 1 tahun. kemudian untuk berkurban sapi atau kerbau syarat umur minimal 2 tahun.

Untuk mengetahui umur secara mudah dapat melihat dari catatan kelahiran hewan ternak. Selain itu, dengan beberapa cara dengan melihat kondisinya, seperti gigi yang sudah tanggal. Apabila kambing atau domba jika gigi susu sudah tanggal dua berarti umurnya sudah masuk 12 bulan. Namun untuk sapi jika gigi susu tanggal 2 berarti memasuki umur 22 bulan.

Disarankan untuk memilih hewan kurban berjenis kelamin jantan, agar hewan betina tetap bisa menjaga populasi dan menyuplai kebutuhan susu untuk hewan yang masih kecil.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video