JATMI Putuskan Tarekat Shiddiqiyah Jombang Tak Mu'tabaroh, Ini Alasan Muktamar XII itu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

JATMI Putuskan Tarekat Shiddiqiyah Jombang Tak Mu'tabaroh, Ini Alasan Muktamar XII itu

Editor: Tim
Rabu, 28 Juni 2023 13:42 WIB

Para kiai tarekat dalam Muktamar XII JATMI di Pondok Pesantren Al Madani Gunung Jati Semarang Jawa Tengah pada 26 – 28 Juni 2023 . Foto: bangsaonline/jatmi

SEMARANG, BANGSAONLINE.com – Muktamar XII Jamiyyah Ahli Thoriqoh Mu’tabaroh Indonesia (JATMI) memutuskan bahwa Tarekat Shiddiqiyah Ploso Jombang tidak masuk dalam kategori tarekat mu'tabaroh atau standar.

“Sebab sanadnya terputus. Tidak sampai ke Abu Bakar. Kebiasaan dalam tarekat itu nyambung pada dua sahabat. Yaitu kepada Sayyidina Abu Bakar dan Sayyidina Ali. Ternyata Tarekat tak nyambung ke Abu Bakar Shiddiq, meski pakai nama . Karena itu keputusan rapimnas JATMI beberapa tahun lalu itu kita anulir,” kata Mukhlas Syarkun selaku ketua Steering Committee (SC) kepada BANGSAONLINE, Rabu (28/6/2023).

Seperti diberitakan BANGSAONLINE, JATMI pernah memasukkan Tarekat Shiddiyyah sebagai Tarekat Mu’tabaroh dalam Rapimnas JATMI pada tahun 2009.

“Saat itu pada era Presiden SBY,” tutur Mukhlas Syarkun.

Terekat Shiddiqiyah dipimpin oleh K.H. M. Muchtar bin Haji Much Mu’thi yang akrab dipanggil Kiai Tar. Tarekat Shiddiqiyah memiliki banyak pengikut dan fanatik. Tarekat ini berpusat di Pondok Pesantren Majma'al Bahroin Hubbul Wathon minal Iman Jalan Raya Ploso, Babat No.82, Losari Rowo, Losari, Kec. Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

“Ya dulu memang pernah dimasukkan sebagai tarekat Mu’tabaroh. Kalau tak salah pada 2009. Tapi sekarang kita evauasi setelah kasus di Pondok Pesantren Ashidiqiyah itu,” kata Mukhlas Syarkun.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video