Maskapai dalam Negeri Bangkrut, Pesawat Asing Bebas Layani Penerbangan Domestik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Maskapai dalam Negeri Bangkrut, Pesawat Asing Bebas Layani Penerbangan Domestik

Editor: Tim
Senin, 03 Juli 2023 16:24 WIB

Pesawat asing yang berdomilisi di Bandara Halim Perdanakusuma. Foto: alivinlie21/twitter

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Maskapai penerbangan plat merah, PT Garuda Indonesia, hingga sekarang belum sehat. Tapi kini sudah muncul informasi mengagetkan terkait pelayanan penerbangan di Indonesia. Diperkirakan puluhan pesawat asing melayani penerbangan domestik.

Maraknya penerbangan pesawat asing mengangkut penumpang domestik itu diunggah pengamat penerbangan Alvin Lie melalui twitter alvinlie21. Dikutip fajar.co.id, Alvi Lie menunjukkan foto sejumlah pesawat jet yang terparkir di apron Bandara Halim Perdanakusuma.

Masyarakat pun heboh. , bos , menilai bahwa pesawat asing melayani penerbangaan dalam negeri sangat merugikan negara dan maskapai penerbangan Indonesia. Susi berkomentar pedas di akun twitternya.

“Yang lebih parah, perusahaan cherter dalam negeri kehilangan bisnis dan akhirnya maskapainya pun satu persatu hilang atau bangkrut,” tulis Susi pada akun twitternya, 30 Juni 2023.

Menurut Alvin, banyak pesawat T7 atau teregistrasi di San Marino. Ada juga pesawat berkode N yang berarti pewasawat teregistrasi di Amerika Serikat. Anehnya, pesawat-pesawat itu berdomisili di Bandara Halim Perdanakusuma.

Alvin menjelaskan, pesawat yang beroperasi di Indonesia seharusnya berkode registrasi PK. Menurut dia, pesawat-pesawat asing yang beroperasi di Indonesia telah melanggar azas cabotage, cacat hukum dan merugikan pendapatan negara. Ia mengibaratkan orang beli mobil luar negeri dan berplat nomor luar negeri tapi dipakai di Indonesia.

“Bayangkan jika kita beli mobil untuk dipakai di Indonesia tapi pakai plat nomor Singapore atau Malaysia,” tulis Alvin Lie.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video