Petani Sayur Organik Binaan PT Holcim Tuban Masih Terkendala Pemasaran | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Petani Sayur Organik Binaan PT Holcim Tuban Masih Terkendala Pemasaran

Jumat, 19 Juni 2015 17:25 WIB

Khomsatun menunjukkan hasil sayuran organik yang ada di lahannya tepatnya berada di samping rumahny. (foto: suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gara-gara kesulitan memasarkan, sejumlah petani sayuran organik di bawah binaan PT Semen Holcim Tuban menjadi sulit berkembang. Akibatnya, setiap kali kali panen raya, hasil panen para petani organik tersebut terpaksa dikonsumsi sendiri bahkan juga dibagikan tetangga.

Seperti yang dialami Khomsatun (42), petani sayur organik asal Desa Karang Asem, Kecamatan Jenu, Tuban saat ditemui BANGSAONLINE.com, Jum’at (19/6) di rumahnya. Ia mengatakan, setiap kali panen raya para ibu-ibu petani sayur organik merasa kebingungan untuk menjualnya. Sebab, saat ini belum ada pasar yang khusus menjual sayuran organik.

“Bingung menjualnya, ya terkadang dikonsumsi sendiri, terkadang ya dibagikan tetangga,” keluh ibu rumah tangga yang nyambi sebagai penjahit ini.

Sejak menjadi petani sayuran organik pada 6 bulan lalu sampai sekarang, sayur organik yang sudah dihasilkan Khomsatun di antaranya adalah kangkung, pare, sai, terong ungu, labu kendi, tomat, pak coi, gambas dan kailan. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pertanian

Berita Terkait

Bangsaonline Video