Terima 155 Siswa Papua Lewat Program ADEM di Jatim, Khofifah Ingatkan Pesan Bung Karno | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terima 155 Siswa Papua Lewat Program ADEM di Jatim, Khofifah Ingatkan Pesan Bung Karno

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Jumat, 14 Juli 2023 15:30 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 155 siswa dari Papua dalam program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) jenjang SMA/SMK bakal melanjutkan pendidikannya di Jawa Timur. Serah terima siswa dilakukan di di Hotel Grand Mercure Malang, Kamis (13/7) malam.

ADEM merupakan program pemerintah sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan khususnya bagi anak-anak Papua dan Papua Barat terbaik serta daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Mereka bakal sekolah di 31 lembaga SMA/SMK di 11 Kab/Kota di Jatim.

Saat menerima siswa, Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa memberikan motivasi pada mereka untuk memupuk cita-citanya setinggi langit dan belajar maksimal untuk mewujudkannya.

“Saat ini, saya adalah mama kalian semua. Milikilah cita-cita setinggi-tingginya. Seperti kata , ‘Gantungkan cita-citamu setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang," kata Gubernur yang diketahui memiliki julukan sebagai Mamak Papua.

Tak lupa, mengajak siswa penerima program ADEM untuk menjadikan Jawa Timur sebagai rumahnya agar nyaman dalam belajar.

Gubernur lalu menyebutkan bahwa banyak orang sukses dari Papua yang telah sukses menempuh pendidikan tinggi dan suskes dalam berkarir. Bahkan beberapa tokoh sukses asal Papua tersebut diakui adalah teman dekatnya.

kemudian menyontohkan seperti Dr. Ribka Haluk, S.Sos, MM, perempuan pertama dari Tanah Papua yang menjadi Pj. Gubernur Papua Tengah. Kemudian Prof. Dra. Yohana Yembise, M.Sc, Ph.D guru besar perempuan pertama dari Tanah Papua, dan pernah menjabat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Laksamana Madya TNI (Purn) Freddy Numberi yang pernah menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan serta Dubes Indonesia untuk Italia dan Malta serta Pj. Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw yang bahasa Jawanya medok karena SD, SMP dan SMA sekolah di Surabaya.

“Bu berharap anak-anakku sekalian akan bisa mencapai kesuksesan seperti Ibu Ribka Haluk, Ibu Prof. Yohana Yembise, ataupun seperti Pak Freddy Numberi dan Pak Paulus Waterpauw,” ujar memberi semangat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video