Melalui Muslimat NU Cabang Cirebon, Khofifah Serahkan Bantuan Inkubator dan Fototerapi Gratis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Melalui Muslimat NU Cabang Cirebon, Khofifah Serahkan Bantuan Inkubator dan Fototerapi Gratis

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Minggu, 23 Juli 2023 20:02 WIB

Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan inkubator dan fototerapi.

CIREBON, BANGSAONLINE.com Indar Parawansa menyerahkan bantuan inkubator dan fototerapi gratis kepada penerima manfaat melalui Muslimat Cabang . Derma dari Ketua Umum PP Muslimat itu diserahkan untuk masyarakat yang memiliki bayi dengan BBLR atau berat badan lahir rendah.

"Alhamdulillaah. ini dari Yayasan Kesejahteraan Muslimat (YKM) , ada inkubator yang bisa untuk membantu saudara-saudara kita yang melayani bayi dengan BBLR," kata saat Harlah ke-77 Muslimat di Pendopo Kabupaten , Minggu (23/7/2023).

Ketua Pembina YKM itu menjelaskan, bantuan ini merupakan bentuk perhatian Muslimat terhadap upaya penurunan angka kematian bayi (AKB) yang masih perlu perhatian beberapa daerah di di Indonesia, yang mana program  tersebut telah diluncurkan oleh YKM sejak pertengahan Februari 2020.

"Program ini akan terus disosialisasikan agar semakin banyak yang bisa mendapatkan manfaat dari bantuan ini, dan semakin banyak bayi yang dapat ditolong," tuturnya.

menambahkan, beberapa hal yang membuat bayi BBLR atau di bawah 2.500 gram, antara lain status gizi ibu bayi sebelum dan saat hamil, berat badan ibu saat hamil, usia ibu saat sedang hamil, kondisi kesehatan ibu dan bayi prematur.

"Kalau tumbuh kembangnya terhambat, perkembangan otaknya terhambat nanti juga bisa membuat bayi ini terindikasi stunting," imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan , selain bantuan inkubator juga dibutuhkan para relawan yang bisa memahami berbagai informasi terkait BBLR dan bayi Kuning. Sekaligus terkait pentingnya informasi terkait penggunaan inkubator.

"Sehingga ketika ada bayi lahir dengan BBLR atau terindikasi penyakit kuning, relawan tersebut bisa segera menginformasikan adanya bantuan ini sekaligus mengedukasi cara penggunaannya," terangnya.

"Mudah-mudahan program ini dapat lebih banyak memberikan manfaat dan menolong, menyelamatkan lebih banyak banyak bayi yang lahir dengan berat badan rendah dan bayi Kuning," lanjutnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video