Wujudkan Kondusivitas saat Pemilu 2024, Gubernur Khofifah Siapkan 5 Langkah ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Wujudkan Kondusivitas saat Pemilu 2024, Gubernur Khofifah Siapkan 5 Langkah ini

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 08 Agustus 2023 17:49 WIB

Menkopolhukam, Mahfud MD, bersama Gubernur Khofifah saat memberi keterangan kepada awak media. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur  menyiapkan 5 langkah untuk mewujudkan kondisivitas saat . Hal tersebut penting dilakukan untuk mewujudkan pesta demokrasi yang tertib, damai, dan kondusif.

"Jumlah penduduk Jawa Timur berdasarkan data BPS dan hasil sensus penduduk tahun 2020 itu 40,67 juta jiwa. Pada nanti jumlah pemilih tetap di Jawa Timur sejumlah 31,402 juta pemilih. Oleh karena itu, dibutuhkan langkah preventif untuk menjaga susana agar tetap kondusif," ujarnya saat menghadiri Forum Diskusi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Wujudkan Pemilu Bersih di Surabaya, Selasa (8/8/2023).

Gubernur kemudian merinci 5 langkah antisipasi terhadap potensi gangguan Pemilu tersebut. Yang pertama yaitu seluruh elemen masyarakat harus menghindari politisasi birokrasi dengan jalan menempatkan ASN pada posisi netral. 

Berikutnya, dalam kampanye juga harus dihindarkan penggunaan fasilitas negara. Yang kedua, adalah menghindari politik uang untuk mempengaruhi pilihan masyarakat. Ini berarti ikut mengedukasi masyarakat untuk tidak terpengaruh money politics.

"Selanjutnya adalah menghindari penggunaan ujaran kebencian, SARA, hoax, ataupun kampanye hitam melalui media massa dan ruang publik. Keempat, setiap pelanggaran pemilu harus ditindak tegas demi Pemilu yang berintegritas dan berkualitas," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video