Jaksa Khusus Kasus Dugaan Korupsi Anak Presiden | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jaksa Khusus Kasus Dugaan Korupsi Anak Presiden

Editor: MMA
Senin, 14 Agustus 2023 08:13 WIB

Dahlan Iskan

PENNSYLVANIA, BANGSAONLINE.comHukum tegak tanpa pandang bulu. Itulah harapan rakyat di semua negara. Tapi harapan itu tinggal harapan, terutama di Indonesia.

Hanya di (AS) harapan itu masih relatif ada. Jaksa Agung, meski diangkat oleh presiden, tetap tegak tanpa sungkan, ketika presiden atau anak presiden terlibat kasus.

Setidaknya, itulah yang kini dilakukan Merrick Garland, Jaksa Agung di AS, ketika menghadapi kasus anak sulung Presiden AS Joe Biden yang bernama Hunter Biden.

Kasus apa dan bagaimana cara menangani, kok berani dan tidak ewuh pekewuh?

Silakan simak tulisan Dahlan Iskan, wartawan kondang, di HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE pagi ini, Senin 22 Agustus 2023. Selamat membaca:

PENGNTAR REDAKSI BANGSAONLINE

AMERIKA masih tetap Amerika: dalam hal penegakan hukum. Jaksa Agung Merrick Garland tidak sungkan pada presiden yang mengangkatnya: Joe Biden. Apalagi takut. Garland telah mengangkat jaksa khusus untuk mulai memeriksa perkara anak sulung Presiden Biden: Hunter Biden.

Cara ini menarik. Kejaksaan Agung tidak perlu mengusut sendiri. Tidak ada kerikuhan birokrasi.

Jaksa Agung cukup menunjuk seorang ahli hukum untuk menjadi jaksa khusus. Yakni khusus untuk mengusut perkara anak sulung tersebut. Sang ahli hukum dibebaskan dari pekerjaan lainnya. Fokus. Tidak dicampuri. Tidak ada yang boleh cawe-cawe. Diberi kebebasan mengangkat penyidik sendiri. Boleh mengangkat staf sendiri. Diberi kebebasan untuk berkantor di mana pun (termasuk kalau harus menyewa).

Diberi anggaran yang cukup untuk menyelesaikan tugasnya. Termasuk mengatur apakah perlu membentuk dewan juri atau tidak. Lalu memutuskan apakah perkara tersebut layak diteruskan ke pengadilan atau tidak. Kalau pun akhirnya dibawa ke pengadilan maka ia yang akan menjadi jaksa penuntutnya.

Ahli hukum yang ditunjuk menjadi jaksa khusus tersebut bernama David Charles Weiss. Umur 66 tahun. Atau 67. Tidak banyak yang tahu siapa Weiss. Ia adalah untuk negara bagian Delaware yang pengangkatannya dulu diusulkan oleh Presiden Donald Trump.

Delaware adalah kampung halaman Biden. Weiss sendiri lahir di Pennsylvania, tidak jauh dari Delaware tapi sudah menganggap dirinya sekampung dengan Biden. Hanya beda partai. Ia anggota Partai Republik. Selama jadi jaksa Weiss menangani banyak perkara pidana dan pidana khusus kerah putih. Berarti cocok dengan tuduhan yang akan dikenakan kepada si anak sulung: mendapat keuntungan dengan cara memanfaatkan statusnya sebagai anak (waktu itu) Wakil Presiden Joe Biden.

Selama ini Donald Trump sudah selalu menuduhkan itu: Si anak sulung mengeruk uang dari Ukraina dan Tiongkok. Lalu ada masalah pajak. Juga masalah izin kepemilikan senjata.

Tentu Trump menyambut putusan Garland itu dengan gegap gempita. Selama ini ia merasa diperlakukan tidak adil. Anda sudah tahu: Trump juga lagi diperiksa oleh jaksa khusus seperti itu. Yakni dalam perkara menyembunyikan dokumen-dokumen rahasia negara di rumah besarnya di Mar-a-Lago di Florida.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video