Siap Perkuat Koarmada II, KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 Resmi Diserahterimakan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Siap Perkuat Koarmada II, KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 Resmi Diserahterimakan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 14 Agustus 2023 20:18 WIB

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, saat menyerahkan miniatur kapal. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com menerima 2 alat utama sistem senjata (alutsista) baru berjenis kapal Mine Counter Meassure Vessel (MCMV) dari Galangan Abeking and Resmussen, Lamwerder, Bremen, Jerman, yang diberi nama KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali, memimpin jalannya upacara peresmian, serta pengukuhan Komandan KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 di Dermaga Madura Ujung Koarmada II, Surabaya, Senin (14/8/2023), .

Kapal jenis MCMV ini, memiliki spesifikasi panjang 61,4 meter, lebar 11,1 meter, bobot 1.444 ton, dengan kecepatan maksimal 18 knot, kecepatan jelajah 10 knot, dan kecepatan ekonomis 10 knot. Selain itu, kapal ini juga dilengkapi dengan empat unit lift craft dan dua unit Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB).

Dalam amanatnya, Kasal menyampaikan bahwa dua kapal buatan Jerman ini, berbahan dasar baja non-magnetik, memiliki degaussing system untuk mengurangi kemagnetan kapal. Dilengkapi penggerak motor mesin elektrik yang mampu meminimalisir kebisingan.

"Kapal ini dilengkapi dengan Autonomous Underwater Vehicle (UAV) yang berguna untuk membantu mendeteksi dan mengidentifikasi kontak di dalam air dan juga terdapat unmanned surface vessel (USV) yang berfungsi sebagai kapal tanpa awak yang membersihkan dan menyapu ranjau dari permukaan laut. Selain itu, terdapat platform Remotely Operated Vehicle (ROV) dan peralatan sonar bawah air untuk mendeteksi ancaman dari perairan dalam," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertahanan, M. Herindra telah menandatangani berita acara penyerahan dua unit kapal pemburu ranjau tersebut kepada  di Lemwerder Jerman, pada Jumat (26/5/2023). 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video