Peringati HUT ke-78 RI, Panglima Santri NU Terbitkan 11 Pesan Penting, Apa Saja? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Peringati HUT ke-78 RI, Panglima Santri NU Terbitkan 11 Pesan Penting, Apa Saja?

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: M. Didi Rosadi
Kamis, 17 Agustus 2023 21:40 WIB

Panglima Santri NU, Habib Umarsyah. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Santri , Habib Umarsyah, menyambut bahagia peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun ini dengan mengeluarkan pesan-pesan penting.

Ketua PC Surabaya itu mengingatkan, tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tak lepas dari perjuangan kaum santri dan ulama pesantren, dari masa penjajahan hingga Indonesia Merdeka dan mempertahankan kemerdekaan serta mengisi kemerdekaan Indonesia hingga saat ini.

"Janganlah kita melupakan jasa-jasa para ulama dan kaum santri. 1. Berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berkat perjuangan bangsa Indonesia dan peran aktif dari umat Islam, terutama kaum santri. Di bawah ketokohan Hadlratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (17/8/2023).

Ia menekankan pentingnya bangsa Indonesia bukan hanya mengingatkan tentang perjuangan bangsa Indonesia, khususnya peran umat Islam.

"Jasmerah (Jangan sekali-sekali melupakan sejarah), melainkan juga Jashijau (Jangan sekali-sekali menghilangkan jasa para ulama) dalam perjuangan bangsa Indonesia," ucap salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB).

Habib Umarsyah juga mengingatkan, tegaknya negara kita tak lepas dari Fatwa Jihad dan Resolusi Jihad dalam mengobarkan semangat perjuangan dan menegakkan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Terkait hal itu, PC Surabaya pada Selasa 15 Agustus 2023, pk 19.30WIB, menggelar Orasi Kebangsaan menampilkan sejumlah pakar dan sejarawan kota Surabaya. Mereka antara lain, DR Wasid SS, MPhil.I (Dosen Sejarah UIN Sunan Ampel) dan Rojil Nugroho Bayu, SHum, MA (Sejarawan Universitas Negeri Surabaya).

Habib Umarsyah, yang kini diamanahi sebagai Ketua PC  Surabaya, ditetapkan sebagai Panglima Santri 2023 oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB). Habib Umarsyah sebagai salah satu Ketua di PB mendapatkan tugas khusus untuk mengkonsolidasikan seluruh santri se-Indonesia.

Panglima Santri merupakan gelar tahunan yang diberikan oleh PB dan akan berganti setiap tahun. Jadi Habib Umarsyah adalah panglima santri yang asli. Selama ini ada panglima santri tapi politis. PB memberi gelar Panglima Santri setiap tahun jelang Hari Santri.

Di PB, pengangkatan panglima santri memang sekaligus menandai akan dimulainya rangkaian kolosal Peringatan Hari Santri secara nasional yang tahun 2023 ini akan dipusatkan di Surabaya.

Akan ada jutaan santri dari beragam penjuru negeri yang hadir dalam peringatan hari santri di Surabaya tahun ini.

Dengan kedudukan sebagai Panglima Santri, Habib Umarsyah bertanggung jawab mengkonsolidasikan santri-santri se-Indonesia.

Sebagai Panglima Santri , Habib Umarsyah menyampaikan pesan-pesan penting. Berikut di antara pesan-pesan tersebut:

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video