5 Kuliner Khas Bondowoso yang Bikin Ketagihan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

5 Kuliner Khas Bondowoso yang Bikin Ketagihan

Editor: Sigit
Minggu, 20 Agustus 2023 12:03 WIB

Warga di Bondowoso sedang menyiapkan ketela pohon untuk bahan tape. foto: Sugianto/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Selain memiliki banyak destinasi wisata, Bondowoso juga terkenal dengan kuliner yang unik dan khas. Mengunjungi sebuah daerah belum lengkap jika tak mencoba masakan atau oleh-oleh khasnya. Saat ke Bondowoso pun, jangan melewatkan berbagai macam kuliner yang pastinya lezat dan nikmat.

Makanan khas Bondowoso dapat dengan mudah ditemui di sepanjang jalan di daerah dengan sebutan Kota Tape ini. Beberapa kuliner khas juga sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang terdekat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 kuliner khas Bondowoso yang bikin ketagihan.

1. Nasi Mamong

Kuliner khas Bondowoso yang unik ini sekilas mirip tumpeng mini dengan bentuk kerucut dan memiliki tinggi sekitar 10 cm. Nama Mamong berasal dari bahasa Madura yang berarti bingung.

Hidangan khas Bondowoso ini merupakan olahan nasi dengan campuran santan, sereh, daun jeruk, dan daun salam. Satu porsi nasi Mamong berisikan ayam, teri, kemangi, dan daun singkong yang dioseng dan lalu dikukus. Untuk hasil akhir, kuliner khas Bondowoso kemudian di bakar dan dihidangkan selagi hangat.

2. Kopi Bondowoso

Bondowoso terkenal dengan olahan kopinya. Kopi Bondowoso memiliki kualitas bagus hingga terkenal ke mancanegara. Sejak abad ke-19, wilayah Bondowoso erat kaitannya dengan sejarah perkopian nusantara. Apabila Anda berkunjung di Bondowoso, jangan lupa untuk mencicipi kopi khas daerah ini dan membawanya sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tercinta.

3. Tape khas Bondowoso

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video