8 Manfaat Menggunakan WhatsApp API untuk Bisnis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

8 Manfaat Menggunakan WhatsApp API untuk Bisnis

Editor: Redaksi
Selasa, 22 Agustus 2023 14:16 WIB

Ilustrasi. Foto: Pixabay

BANGSAONLINE.com - Berkomunikasi dengan pelanggan kini semakin dimudahkan dengan adanya WhatsApp Bisnis. Pada aplikasi tersebut, tersedia berbagai macam fitur yang membantu perusahaan menjangkau pelanggan, melakukan promosi, hingga meningkatkan penjualan.

Bagi bisnis skala menengah hingga besar, direkomendasikan menggunakan WhatsApp Business API supaya lebih mudah menghandle customer. Ini berbagai manfaat menggunakan WhatsApp API untuk bisnis.

Manfaat Menggunakan WhatsApp API untuk Bisnis

Sudah banyak perusahaan menggunakan WhatsApp Bisnis karena lebih mudah terhubung dengan pelanggan. Terutama perusahaan skala menengah hingga besar, WhatsApp Business API sangat membantu kelancaran operasional bisnis.

Menggunakan WhatsApp API untuk bisnis, dapat tercipta efisiensi yang lebih tinggi dalam hal menghandle customer sekaligus memaksimalkan kinerja customer service. Oleh karena itu, ketahuilah apa saja manfaat menggunakan WhatsApp Business API berikut.

1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Manfaat WhatsApp Business API adalah meningkatkan kepercayaan sekaligus loyalitas pelanggannya. Sebab WhatsApp API membantu perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih profesional.

Berbeda dengan WA Business biasa, WA Business API memiliki fitur jauh lebih lengkap. Salah satu fiturnya adalah centang hijau dan WhatsApp masking untuk menambah kredibilitas akun bisnis Anda. Jika Anda masih awam, WhatsApp masking adalah fitur yang membuat nama akun WhatsApp Business Anda bisa secara otomatis muncul meskipun penerima pesan tidak menyimpan nomor kita.

Dilansir dari blog Goshopkey, fitur masking yang ada di WhatsApp ini hanya bisa digunakan saat perusahaan tersebut sudah mendaftar WhatsApp API dan lolos verifikasi dari Meta.

Dibandingkan dengan WA Business biasa yang tak terdapat fitur centang hijau, konsumen pasti merasa lebih nyaman dan aman ketika berkomunikasi dengan akun bisnis centang hijau. Khususnya ketika menjalankan usaha skala menengah maupun besar, memperoleh kepercayaan pelanggan tentu sangat diperlukan.

2. Meningkatkan customer experience

Selama berbelanja, konsumen pasti ingin dilayani dengan baik. Sebagai pihak toko, penting sekali menciptakan interaksi dengan konsumen agar bisa mengetahui kebutuhan mereka, sehingga nantinya dapat meningkatkan customer experience.

Itulah mengapa, manfaat menggunakan WhatsApp API untuk bisnis adalah untuk meningkatkan customer experience (pengalaman pelanggan) . WhatsApp API membantu sebuah bisnis memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat, seperti merespons pesan secara akurat dan profesional.

Bila customer experience meningkat, tingkat kepuasan pelanggan pun bertambah. Dengan demikian, dapat tercipta loyalitas pelanggan dan terbangun hubungan baik dengan mereka. Di kemudian hari, mereka pun tak ragu melakukan pembelian kembali.

3. Mampu melayani pelanggan lebih maksimal

Manfaat lain yang dapat dirasakan apabila menggunakan WhatsApp API, yaitu lebih mudah dalam melayani pelanggan. Melalui fitur chatbot, Anda dapat mengatur pesan untuk menjawab berbagai pertanyaan konsumen secara otomatis. Misalnya membuat balasan mengenai alur pembayaran, menjawab pertanyaan dasar tertentu, dan lainnya secara otomatis.

Selain chatbot, fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan adalah quick reply. Fitur ini memungkinknan Anda membalas pesan pelanggan secara cepat, terutama untuk pertanyaan berulang agar tak perlu repot mengetikkan ulang ke konsumen berbeda.

4. Layanan pelanggan 24 jam nonstop

WhatsApp Business API merupakan platform yang dapat mempermudah sekaligus memaksimalkan kinerja customer service dalam hal melayani pelanggan. Menggunakan Whatsapp API, memungkinkan bisnis melakukan pelayanan pelanggan selama 24 jam nonstop.

Bisa dibilang chatbot merupakan virtual customer service. Melalui fitur chatbot, bisnis dapat memberikan respons otomatis secara akurat. Misalnya merespons pertanyaan dasar hingga mengarahkan konsumen ke halaman tertentu. Dengan demikian, customer service tak harus membalas pesan secara manual, apalagi di luar jam kerja.

Kapan pun dibutuhkan, pelanggan dapat mengakses layanan bisnis 24 jam nonstop. Menariknya, fitur chatbot dapat menggunakan bahasa alami supaya lebih mudah dipahami dan tak terkesan seperti bot. Dampaknya, customer experience dapat ditingkatkan melalui fitur terbaik ini.

5. Mudah diintegrasikan dengan sistem lain

WhatsApp API untuk bisnis adalah platform yang dapat diintegrasikan ke sistem CRM ( Customer Relationship Management). Menerapkan sistem CRM, mempermudah bisnis dalam mengelola serta mengumpulkan data pelanggan secara lebih terpusat dan efisien.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video