Kick Off Maskot dan Logo Porprov Jatim 2023, Khofifah Tekankan Pentingnya Sportivitas dan Fairplay | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kick Off Maskot dan Logo Porprov Jatim 2023, Khofifah Tekankan Pentingnya Sportivitas dan Fairplay

Editor: Siswanto
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Sabtu, 02 September 2023 21:42 WIB

Gubernur Khofifah saat melakukan kick off maskot dan logo Porprov VIII Jawa Timur tahun 2023 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur secara resmi melakukan kick off maskot dan logo Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur tahun 2023 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

Agenda tersebut ditandai dengan penekanan tombol scaning tab oleh gubernur yang didampingi Bupati Sidoarjo dan Bupati Mojokerto sebagai perwakilan kepala daerah tuan rumah, kemudian Ketua Jatim, Ketua PB Porprov VIII serta Sekdaprov Jatim dan Kadispora Jatim.

Dalam kesempatan ini, memberikan pesan khusus agar seluruh peserta mengedepankan sportivitas dan fairplay serta seluruh atlet menampilkan kemampuan sebaik mungkin dalam mendulang prestasi.

"Sportivitas itu ruh dari sebuah kompetisi, maka sportivitas artinya bahwa semua harus fairplay," kata Gubernur .

Ia menerangkan bahwa sportivitas dan fairplay akan menjadi referensi objektivitas dalam Porprov VIII kali ini. Ia juga menyebut bahwa objektivitas dan soliditas harus diupayakan bersama. Karena ketika ketiga aspek tersebut menjadi dasar diperolehnya prestasi di Porprov.

"Kalau yang terbangun adalah semangat objektivitas, soliditas dan.sportivitas diantara seluruh atlet seluruh tim pelatih dan tim official saya rasa ini akan menjadi Porprov yang bisa menjadi top referal dari seluruh Pekan Olahraga Provinsi di Indonesia," ucapnya.

Lebih lanjut ada lima maskot Porprov VIII Jatim 2023 yang dikenalkan dalam acara kick off ini. Yang pertama yaitu Si Beki yang merupakan ayam bekisar maskot dari Pemprov Jatim, kemudian Si Udeng simbol udang dan bandeng yang adalah maskot dari Sidoarjo, Si Jatu burung Garuda Jatayu maskot dari Jombang, Cak Condro kucing tiga warna maskot dari Kota Mojokerto dan Si Mada Gajah tunggangan pasukan Majapahit dari Kab Mojokerto.

Gubernur menyampaikan kelima maskot Porprov VIII 2023 ini memiliki filosofi masing-masing dan merepresentasikan semangat, ketangguhan, dan kekuatan para atlet dalam berlaga.

"Semua memberikan perlambangan semangat dan objektivitas kita ketangguhan kita kekuatan kita dan saya berharap bahwa Porprov 8 ini akan menjadi bagian dari penguatan ruh bangunan soliditas solidaritas diantara seluruh atlet pelatih dan official," katanya.

Selain maskot, yang juga diluncurkan siang ini juga adalah logo Porprov VIII Jawa Timur 2023. Logo Porprov tahun ini terdiri dari simbol tiga lingkaran, dua insan muda dinamis, dan gelora. Simbol tiga lingkaran ini memiliki makna prestasi, sportivitas, solidaritas, serta semangat kesatupaduan untuk mengembangkan olahraga.

Sementara, simbol dua insan muda dinamis diartikan sebagai gambaran nilai-nilai semangat dan optimisme dalam Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur 2023. Kemudian simbol gelora yang menggambarkan semarak bersatu dalam persaingan kompetitif.

Logo ini mengolaborasikan warna hijau, oranye, biru, kuning, merah, dan ungu. Warna hijau mewakili elemen alam, warna oranye mewakili matahari, dan warna biru mewakili langit.

Selanjutnya, warna kuning melambangkan kegembiraan dan keceriaan. Warna merah sedikit muda mewakili semangat yang membara, diikuti warna ungu yang mewakili kebijaksanaan, Kesetiaan, dan kebanggaan.

"Bahwa tidak sekedar logo dan tidak sekedar maskot ada ruh yang dilahirkan dari logo dan maskot, ada warna yang memberikan makna dari logo dan maskot," terang Gubernur .

Orang nomor satu di Jatim ini berharap penyelenggaraan Porprov tahun ini bisa menjadi kekuatan yang bisa mendorong produktivitas di masing-masing daerah. Oleh sebab itu Ia meminta gelaran ini bisa menjadi wadah yang membawa angin segar bagi pelaku UMKM dan wadah mempromosikan wisata di daerah tuan rumah.

"Saya meminta ada produk UMKM di masing-masing titik terutama di venue yang bisa diakses oleh masyarakat pastikan bahwa itu terukur. Kedua tempat-tempat wisata di tiap daerah bisa dikunjungi baik para atlet, pelatih, official, keluarga atlet maupun penonton," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video