Ketua PKB Usul Pasangan Anies-Cak Imin Dinamakan Koalisi PBNU', Goda Gus Yahya? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ketua PKB Usul Pasangan Anies-Cak Imin Dinamakan Koalisi PBNU, Goda Gus Yahya?

Editor: Tim
Kamis, 07 September 2023 15:42 WIB

Anies Baswedan dan A Muhaimin Iskandar. Foto: boy slamet/disway

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Ini usulan menggelitik. Dalam suasana “tak akur” dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama () ternyata Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa () Lukmanul Khakim mengusulkan nama koalisi Capres Anies Baswedan dan Cawapres A Muhaimin Iskandar (Cak Imin) diberi nama Koalisi .

Benarkah usulan ini untuk “menggoda” Ketua Umum Yahya Cholil Staquf () yang selama ini melarang keras parpol – terutama – membawa-bawa nama ?

Ternyata Lukmanul Khakim punya alasan tersendiri. "Saya mengusulkan nama koalisi NasDem-: Koalisi . Koalisi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945," umgkap Lukmanul Khakim dikutip detik.com, Kamis (7/9/2023).

Menurut dia, Anies dan Cak Imin memiliki komitmen kuat terhadap Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Ia juga menilai bahwa Anies dan Cak Imin adalah sosok yang menjunjung pluralisme dan komitmen terhadap NKRI.

"Komitmen terhadap kebinekaan dan pluralisme, komitmen terhadap NKRI sebagai negara kesatuan yang tidak tergantikan oleh apapun, baik yang mewacanakan khilafah maupun negara federal, juga komitmen terhadap UUD 1945 sebagai konstitusi," kata Lukmanul Khakim.

Menurut dia, jika usul nama Koalisi disetujui, maka akan menepis anggapan Anies yang seolah-olah pro khilafah. Nama Koalisi , tegas dia, akan menjawab keraguan dari masyarakat.

"Nah jika disetujui nama koalisi Anies-Gus Imin nantinya Koalisi , tentu ini jawaban bagi yang selama ini sangsi, apalagi belakangan muncul black campaign yang menyerang Mas Anies seolah pro khilafah," tegas Lukmanul Hakhim.

"Harapan saya tentu jika disetujui sekaligus agar masyarakat jangan gampang termakan provokasi dengan isu-isu yang tidak benar, Anies-Gus Imin tokoh nasional sekaligus pemimpin yang komit terhadap NKRI dan siap menjaga dan mengawal kepentingan nasional (national interest)," kata Lukmanul Khakim.

Namun Bendahara Umum Nasdem Ahmad Sahroni tak sepakat dengan usulan nama Koalisi . Yang pertama, kan udah memiliki organisasi sendiri. Jadi janganlah bawa-bawa nama ," tegas Ahmad Sahroni kepada wartawan, Kamis (7/9/2023).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video