Menkumham Ajak Maba Unibraw Bela Negara Sejak Muda | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Menkumham Ajak Maba Unibraw Bela Negara Sejak Muda

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Kamis, 14 September 2023 15:26 WIB

Menkumham, Yasonna Laoly, saat memberi kuliah umum di Universitas Brawijaya Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Menkumham, , memberikan kuliah umum kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Brawijaya, Kamis (14/9/203). Agenda tersebut dihadiri oleh para peserta, baik secara luring di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, dan secara daring melalui kanal YouTube.

“Pada era modern ancaman dan tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara semakin luas, tidak hanya sekedar yang dilakukan secara fisik, namun juga ancaman dan tantangan melalui sosial media,” kata Yasonna.

Ia menyebut, ancaman yang dihadapi tidak lagi didominasi oleh perebutan wilayah tapi jauh berkembang pada globalisasi ekonomi, ancaman transnasional seperti terorisme dan radikalisme, beragam masalah yang berkaitan dengan kerusakan lingkungan hidup, hingga potensi kesenjangan sosial-ekonomi-politik dan ketegangan global sebagai dampak dari perkembangan industri 4.0 yang sangat pesat.

“Bela negara tidak harus ditunjukkan dengan berperang secara fisik dengan para penjajah seperti yang dilakukan oleh para pendahulu kita zaman dahulu, namun dapat ditunjukkan dengan sikap kita sebagai warga negara Indonesia untuk menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan ideologi Pancasila,” paparnya.

Pada akhir pidatonya, Yasonna mengajak untuk seluruh civitas akademika di Universitas Brawijaya dan Pendidikan Tinggi lainnya untuk menerapkan kelima nilai yang ada di Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pedoman Pembinaan Kesadaran Bela Negara dalam pengajarannya.

“Bisa dengan menyisipkan satu mata kuliah Kewarganegaraan di semester awal, supaya nilai-nilai Bela Negara tidak hanya dipahami namun benar-benar diterapkan dalam kehidupan mahasiswa,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

 

sumber : Humas Kemenkumham Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video