Jawa Timur Borong 4 Penghargaan dari Kementan, Gubernur Khofifah: Alhamdulillah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jawa Timur Borong 4 Penghargaan dari Kementan, Gubernur Khofifah: Alhamdulillah

Editor: Siswanto
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 26 September 2023 22:01 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur berhasil meraih 4 penghargaan sekaligus di bidang peternakan tingkat nasional dari Kementerian Pertanian (Kementan). Apresiasi ini diserahkan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, kepada Kepala Dinas Peternakan Jatim, Indyah Aryani, yang mewakili Gubernur di Boyolali, Jawa Tengah.

Penghargaan itu yakni, Peringkat I Dinas Provinsi dengan Akseptor Inseminasi Buatan (IB) Sikomandan Terbanyak Tahun 2023, Peringkat I Provinsi Pendukung Kegiatan Transfer Embrio Terbaik kategori Wilayah Maju, Peringkat I Provinsi dengan Tingkat Vaksinasi PMK Terbaik Nasional, dan Harapan II Provinsi dengan Capaian Kinerja Terbaik Penandaan dan Pendataan Ternak.

Atas diterimanya empat penghargaan itu, menyatakan rasa syukur dan bangganya sekaligus apresiasi kepada Kementan. Menurut dia, hal tersebut merupakan wujud komitmen berbagai pihak dalam memajukan bidang peternakan di Jatim.

"Alhamdulillah, Jawa Timur mendapat empat penghargaan sekaligus di bidang peternakan. Ini tentunya menjadi penyemangat seluruh jajaran untuk terus berbuat lebih banyak dan lebih baik di bidang peternakan. Dan sekaligus menjadi bukti kalau peternakan kita unggul," ujarnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (26/9/2023).

"Terimakasih kepada tim Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, seluruh petugas pemeriksa kebuntingan serta petugas inseminasi buatan di Jatim. Juga pada para stakeholder baik di lingkup Pemprov maupun Kab/Kota se Jatim, dan tentunya juga kepada para peternak sapi di Jatim,” imbuhnya.

Gubernur menjelaskan, untuk penghargaan Provinsi Akseptor Inseminasi Buatan (IB) SIKOMANDAN terbanyak didapat atas capaian akseptor/betina produktif IB Jatim tahun 2022 sebanyak 1.548.962 ekor atau 45% dari nasional di angka 3.432.328 ekor. Dan untuk periode 1 Januari - 21 September 2023, sebanyak 1.001.786 ekor atau 45% dari nasional di angka 2.208.434 ekor.

menambahkan, akan terus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi IB untuk mendorong terciptanya swasembada daging tingkat nasional. Dimana, berdasarkan data BPS 2023, jumlah populasi Sapi Potong di Jatim tahun 2022 mencapai 5.070.240 ekor dan merupakan tertinggi nasional. Demikian juga untuk Sapi Perah di Jatim tahun 2022 sebanyak 314.385 ekor dan juga tertinggi nasional.

"Kita berharap dengan optimalisasi teknologi IB maka akan bisa mempertahankan posisi Jatim swasembada daging. Dan bisa terus mensuplai kebutuhan daging di wilayah Jatim dan di luar Provinsi Jatim. Sehingga juga ikut mewujudkan swasembada daging nasional," tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video