Pencinta Bung Karno Gelar Tasyakuran Penetapan Cagar Budaya Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pencinta Bung Karno Gelar Tasyakuran Penetapan Cagar Budaya Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 01 Oktober 2023 17:40 WIB

Ketua Harian Situs Ndalem Pojok, RM. Kushartono, saat menunjukkan SK penetapan 58 cagar budaya. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para pencinta bersama lintas komunitas, dan masyarakat menggelar tasyakuran penetapan cagar budaya Persada Sukarno, serta 58 cagar budaya lainnya di Bumi .

Kegiatan dipusatkan pada cagar budaya Persada Sukarno, Desa Pojok Kecamatan Wates, Kabupaten , bersama DPC PCTA Indonesia Kabupaten , Sabtu (30/9/2023) malam.

Ketua Harian , RM. Kushartono, mengatakan bahwa dalam cataran SK Bupati No:118.45/360/418.08/2018, disebutkan bahwa penetapan 58 cagar budaya yang terdiri dari benda cagar budaya, situs, sturktur dan bangunan cagar budaya, yang didalamnya termasuk , ditetapkan secara bersamaan tertanggal 1 Oktober 2018.

“Inilah yang menjadi alasan bersama masyarakat juga menggelar secara bersama-sama. Jadi SK ya jadi satu, makanya sekalian tasyakuran dan penetapan ini kita gelar bersamanaan dan bersama-sama,” ujarnya, Minggu (1/10/2023).

Berdasarkan data dari Kemendikbudristek, Kabupaten ini termasuk kabupaten di Jawa Timur yang paling banyak mempunyai cagar budaya, setelah Surabaya (88 cagar budaya), Kota Malang (42), Lamongan (27), Situbondo (22), Blitar (19), Mojokerto (15), dan Jombang (6).

"Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan sukses, bermanfaat dan mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat lebih luas," kata Kushartono.

Ia menambahkan, pengorbanan komunitas dan masyarakat ini, nyambung dan bisa menjadi penguat fakta bicara dari slogan Bumi Panjalu, yaitu ' Berbudaya'. Maksudnya, di antara wujud masyarakat berbudaya adalah mensyukuri cagar budaya sebagai wasiran besar leluhur bangsa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video