Eloknya Batik Karya Warga Binaan Lapas dan Rutan Kanwil Kemenkumham Jatim yang Mendunia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Eloknya Batik Karya Warga Binaan Lapas dan Rutan Kanwil Kemenkumham Jatim yang Mendunia

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Senin, 02 Oktober 2023 14:58 WIB

Warga binaan saat memamerkan batik karyanya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com -Lapas dan rutan jajaran  berkontribusi melestarikan dan mengembangkan . Sejak belasan tahun yang lalu, berbagai motif dan teknik mem telah dikembangkan di sana.

"Kami sudah mulai memberikan atensi terhadap kegiatan pembinaan kemandirian mem sejak 2011 lalu," kata Kepala , Heni Yuwono, Senin (2/10/2023).

Ia menyebut, ada beberapa lapas atau rutan jajarannya yang menjadikan sebagai produk unggulan hasil karya warga binaan, seperti Lapas Bojonegoro, Lapas Madiun, Lapas Banyuwangi, Lapas Perempuan Malang, Rutan Sumenep, Rutan Trenggalek, Rutan Perempuan Surabaya hingga Rutan Kraksaan.

"Untuk motif yang diproduksi juga beragam dan terus dikembangkan dengan pendampingan dari para ahli atau pem profesional," ujarnya.

Mantan Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan itu mencontohkan di antaranya Ctra Batik Tulis Modern Rutan Sumenep, Batik Eco Print Lapas Perempuan Malang, Batik Shibori Rutan Trenggalek. Ada juga Batik Jumputan Rutan Perempuan Surabaya, Batik Gajah Oling Lapas Banyuwangi, Batik Ronggomukti/ Rukas Rutan Kraksaan dan Batik Tulis Lapas I Madiun.

"Masing-masing lapas/ rutan menggandeng ahli dari Balai Latihan Kerja (BLK) atau pihak swasta, sesuai dengan yang ada di daerah masing-masing," tuturnya.

Sehingga, untuk corak yang diproduksi juga menyesuaikan dengan daerah masing-masing. Seperti karapan sapi, ayam bekisar, topeng, burung kakak tua, keris, keraton. Selain itu juga motif mayura, mangga anggur hingga yang memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

 

sumber : Humas Kemenkumham Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video