Peringati Hari Guru Sedunia, Gubernur Khofifah Dorong Guru Terus Berinovasi Cetak Generasi Emas 2045 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Peringati Hari Guru Sedunia, Gubernur Khofifah Dorong Guru Terus Berinovasi Cetak Generasi Emas 2045

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Kamis, 05 Oktober 2023 14:24 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur terus mendorong para guru di Jawa Timur untuk meningkatkan inovasi, kreativitas, kompetensi, dan profesionalismenya. Sebab, guru berkontribusi besar dalam mencetak generasi bangsa, khususnya menyambut generasi emas dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Ajakan sekaligus semangat ini disampaikan mantan Menteri Sosial itu bertepatan dengan peringatan Hari Guru Sedunia yang ditetapkan setiap 5 Oktober.

"Kreativitas dan inovasi para guru sangat penting terutama di era globalisasi dan digitalisasi saat ini. Dengan begitu, maka para guru akan mampu mencetak para generasi emas 2045 yang berkualitas, berkompeten, dan berdaya saing tinggi," kata , Kamis (5/10/2023).

Tema besar yang diangkat pada peringatan Hari Guru Sedunia tahun 2023 ialah 'The teachers we need for the education we want: The global imperative to reverse the teacher shortage'. Artinya 'Guru yang kita butuhkan untuk pendidikan yang kita inginkan: Keharusan global untuk membalikkan kekurangan guru.'

Sejalan dengan tema tersebut, lanjut , para guru harus mampu beradaptasi terhadap tantangan global. Namun, yang tidak kalah penting adalah pendidikan karakter termasuk di dalamnya menumbuhkan semangat nasionalisme kepada para siswa.

"Anak-anak Indonesia harus dibentuk menjadi anak-anak yang berilmu pengetahuan tinggi, menguasai teknologi, namun tanpa mengesampingkan pendidikan karakter kuat. Anak-anak harus berkeadaban tinggi , mengedepankan toleransi, serta menjunjung tinggi nasionalisme," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video