Khofifah Optimis, Jatim Fest Dorong Pelaku UMKM Jawa Timur Naik Kelas, Berikut Syaratnya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Khofifah Optimis, Jatim Fest Dorong Pelaku UMKM Jawa Timur Naik Kelas, Berikut Syaratnya

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Sabtu, 07 Oktober 2023 20:08 WIB

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi salah satu stand di Jatim Fest. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa yakin penyelenggaraan 2023 di Jatim Expo Surabaya akan mendorong pelaku UMKM Jawa Timur naik kelas.

Namun, untuk bisa naik kelas ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan pelaku UMKM. Antara lain bisa melakukan sinergi dan secepat mungkin adaptasi dengan dunia digital.

"Lakukan sinergitas antara pelaku usaha, BUMD, BUMN, dan pemerintah memberikan penguatan serta peningkatan atau naik kelasnya UMKM kita harapkan bisa lebih cepat, lebih cepat, dan lebih cepat lagi baik secara digital ekosistemnya maupun dari skill," ujar Gubernur usai meninjau langsung yang dihelat di Jatim Expo Surabaya, Sabtu (7/10).

Penyelenggaraan sendiri menurutnya tergolong sukses. Selama tiga hari, sejak pembukaan pada Rabu (4/10/2023), telah dikunjungi 17.931 orang dengan total transaksi mencapai Rp 7.277.188.000.

Hari pertama, tercatat transaksi Rp1.705.907.000 dengan pengunjung sebanyak 3.748 orang. Disusul hari kedua, mencatatkan transaksi Rp2.668.167.000 dengan jumlah pengunjung 6.797 orang. Hari ketiga, terjadi transaksi senilai Rp2.903.114.000 dengan pengunjung sebanyak 6.846.

"Alhamdulillah. Dalam tiga hari, sudah mencapai lebih dari Rp7 miliar. Ini menjadi bukti bahwa acara ini mampu menjadi penggerak perekonomian bagi UMKM. Kami optimis angka transaksi dan pengunjung pun akan terus meningkat hingga acara penutupan yang akan dilakukan pada 8 Oktober 2023 sore," imbuhnya.

Lebih lanjut, gubernur menyampaikan untuk menjadikan UMKM naik kelas, mendorong pelaku usaha cepat beradaptasi dengan digital ekosistem. Sebab, saat ini berbagai cara pemasaran produk diperlukan, utamanya melalui digital marketing.

Menurutnya, pelaku UMKM harus memahami bagaimana cara mempromosikan produknya agar orang yang memberikan respon atas produk relatif lebih komprehensif. Tidak sekadar digital ekosistem yang menjadi bagian penting, tetapi pertemuan antar para pelaku usaha dalam event seperti ini juga penting.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video