Pesantren di Lereng Gunung, Tapi Santrnya 100 % Diterima di PTN - Universitas Terkemuka Luar Negeri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pesantren di Lereng Gunung, Tapi Santrnya 100 % Diterima di PTN - Universitas Terkemuka Luar Negeri

Editor: M Mas'ud Adnan
Jumat, 20 Oktober 2023 06:08 WIB

Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, memberi wejangan pada para santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Masjid Raya KH Abdul Chalim Kembangbelor Pacet Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (19/7/2023). Foto: bangsaonline

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com-Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang didirikan dan diasuh Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, sangat fenomenal. Pesantren yang terletak di lereng gunung Penanggungan Pacet Mojokerto Jawa Timur ini tak pernah berhenti meningkatkan prestasi para santrinya. Setelah sukses merajai jalur SNBP, SPAN-PTKIN hingga UTBK/SNBT, kini Kiai Asep menjamin santrinya masuk PTN favorit dengan beasiswa. Bahkan juga bisa diterima di Universitas Harvard Amerika Serikat dan perguruan tinggi terkemuka dunia lainnya. Benarkah?

Kiai Asep memang tak mau kehilangan momentum. Ia bahkan tak hanya meningkatkan prestasi akademik para santrinya tapi juga terus melakukan perjalanan keluar negeri untuk membuka jaringan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi.

“Kita tak boleh lengah,” kata Kiai Asep kepada BANGSAONLINE mengingatkan pentingnya momentum.

Yang menarik, kini Kiai Asep mengaku punya sistem baru. Menurut dia, sistem baru itu tak hanya mengantar para santrinya ke perguruan tinggi favorit tapi juga sekaligus beasiswa.

“Jadi santri Amanatul Ummah dijamin diterima di PTN dan beasiswa,” tegas Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PP Pergunu) itu. “Dengan demikian, meringankan beban para orang tua,” tambahnya.

Bahkan, tutur Kiai Asep, santri Amanatul Ummah tak hanya diterima di perguruan tinggi dalam negeri. Tapi juga di berbagai perguruan tinggi terkemuka dunia.

“Di Harvard University Amerika, di Mahidol University Thailand, di UTM Malaysia dan di universitas lainnya di berbagai negara,” kata Kiai Asep yang kini memiliki sekitar 16,000 santri.

Daftar santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang diterima di berbagai PTN dan universitas luar negeri dimuat koran . Foto: bangsaonline

Menurut Kiai Asep, Amanatul Ummah mendapat Letter of Acceptance (LoA) dari beberapa perguruan tinggi. Yaitu surat pernyataan telah diterima di sebuah Perguruan Tinggi tanpa syarat. Artinya, calon mahasiswa hanya tinggal melakukan registrasi ulang saja.

Selain itu, tutur Kiai Asep, santri Amanatul Ummah menguasai bahasa Inggris. “Anak-anak menguasai TOEFL 450, padahal persyaratannya 425, ” kata putra KH Abdul Chalim, salah seorang ulama pendiri NU yang kini diusulkan sebagai pahlawan nasional itu.

Pada Sabtu (14/10/2023) lalu para santri Amanatul Ummah melakukan pertemuan secara daring dengan Dr Roger Bank, direktur penerimaan mahasiswa baru di Harvard College Amerika Serikat. Roger Bank didampingi Annie Medina, Staf Center of Astrophysics Harvard College.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video