Resmikan Poskal, Gubernur Khofifah: Jadi Pusat Implementasi dan Eksperimen Ilmu Pengetahuan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Resmikan Poskal, Gubernur Khofifah: Jadi Pusat Implementasi dan Eksperimen Ilmu Pengetahuan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Jumat, 20 Oktober 2023 18:42 WIB

Gubernur Khofifah saat meresmikan planetarium dan observatorium astronomi di Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur meresmikan Poskal atau akronim dari Planetarium dan Observatorium Astronomi Karangasem di Desa Sendang Agung, Paciran, Jumat (20/10/2023).

Agenda tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh gubernur yang didampingi anggota DPR RI, Zainudin Maliki; Ketua PW Jawa Timur, Sukadiono; dan Pengasuh Ponpes Karangasem. Tidak hanya itu, bersama rombongan juga turut meninjau bangunan itu.

Kehadiran Poskal mendapat sambutan hangat, gubernur menyatakan gedung ini mampu menjadi inspirasi implementasi ilmu pengetahuan melalui eksperimen-eksperimen, terutama yang berkaitan dengan ilmu astronomi.

"Nantinya masyarakat umum bisa melakukan proses implementasi dan ekperimentasi keilmuan sini. Sambil menunggu alatnya dilengkapi, tapi proses eksperimentasinya nanti disini, Jadi nyambung antara ilmu dan amal. Ini menjadi pembelajaran yang sangat penting dan sangat inspiring," urai .

Menurut dia, gedung ini perlu dilengkapi dengan berbagai alat dan fasilitas yang nanti akan mendukung proses eksperimentasi dari implementasi ilmu astronomi. Satu di antaranya adalah alat-alat yang akan membantu proses rukyatul hilal atau penentuan awal bulan Hijriyah melalui pemantauan munculnya bulan.

Mantan Menteri Sosial itu juga menyebut, proses eksperimen yang nantinya akan dilakukan di sini akan menjadi bagian dari penguatan ilmu, dan diharapkan penguatan ilmu akan turut meningkatkan derajat kemuliaan.

"Bagaimana bersama-sama masyarakat kita bisa terus membangun penguatan derajat kemuliaan kehidupan kemanusiaan melalui penguasaan ilmunya," katanya.

Ia menjelaskan, dalam Alquran surat Al Mujadalah ayat 11 sudah menegaskan bahwa untuk bisa sukses dunia dan akhirat adalah dengan menguasai ilmu. Ayat tersebut pun dipilih menjadi pengantar masuk ke ruangan Grand Syeikh Universitas Al Azhar Kairo Mesir.

"Yarfa'illahulladzina amanu minkum walladzina utul ilma darojat yang menunjukkan bagaimana kemuliaan seseorang yang berilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah di dunia dan di akhirat," tuturnya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Jatim ini juga menginginkan adanya master plan yang mampu mendetailkan beberapa titik yang perlu mendapatkan dukungan utamanya di sisi luar. Tujuannya agar segera bisa ditindaklanjuti sehingga akan lebih menarik perhatian dan minat masyarakat luar untuk berkunjung ke gedung ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video