Selain Ikut Konvoi Motor Listrik, Gubernur Khofifah Resmikan PLTS Atap di 20 Titik se-Jawa Timur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Selain Ikut Konvoi Motor Listrik, Gubernur Khofifah Resmikan PLTS Atap di 20 Titik se-Jawa Timur

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 24 Oktober 2023 20:35 WIB

Gubernur Khofifah saat melepas keberangkatan konvoi motor listrik. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap untuk 20 lokasi se-Jawa Timur di Grand Ballroom As-Shofa, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Selasa (24/10/2023).

Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan 20 Prasasti Penerima Bantuan PLTS Atap oleh Gubernur . Kemudian, dilanjutkan penyerahan bantuan PLTS Atap kepada 18 Pondok Pesantren dan 2 UPT Pelabuhan Perikanan di Jawa Timur.

Sebelumnya, mantan Menteri Sosial itu melakukan konvoi motor listrik dari Grahadi menuju Masjid Al Akbar. Kegiatan ini diikuti serentak oleh 1.588 peserta yang terdiri dari 700 Motor Listrik start dari Grahadi, dan 888 motor listrik di 12 kabupaten/kota di Jawa timur.

Kegiatan ini juga berhasil meraih rekor Muri yang diserahkan langsung kepada Gubernur , Kepala Dinas ESDM Jatim, Nurkholis; dan General Manager Unit Induk Distribusi Jatim, Agus Kriswardoyo.

Dalam sambutannya, gubernur mengatakan bahwa pemberian bantuan PLTS Atap maupun Gebyar Konvoi Motor Listrik ini menjadi bagian penting dari proses transformasi energi fosil ke non fosil. Apalagi, Provinsi Jawa Timur memperoleh berkah dan anugerah yang luar biasa berupa tenaga surya dari panas matahari.

"Bantuan PLTS Atap ini bagian dari kita menyicil bagaimana proses transformasi dari penggunaan energi fosil ke non fosil. Karena energi fosil ini ke depan akan bisa habis, tapi non Fosil insyaAllah Allah anugerahkan sumber energi yang luar biasa baik tenaga surya, air, angin, maupun panas bumi," ujarnya.

Ia menyebut, berbagai sumber energi non fosil tersebut masih bisa dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai sumber energi atau pembangkit listrik. Sehingga ia berharap penggunaannya bisa lebih dimaksimalkan lagi ke depan.

"Banyak sekali anak bangsa yang sudah memiliki kemampuan, kapasitas dan kapabilitas untuk bisa mengeksplor bagaimana konversi dari energi fosil ke non fosil. Hari ini baru sebagian yakni tenaga surya dari sinar matahari yang bisa kita maksimalkan, belum tenaga angin, belum air, atau panas bumi," paparnya.

"Jadi betapa Allah memberikan anugerah luar biasa untuk mengkonversi energi dari fosil ke non fosil. Proses ini terjadi karena memang sinergitas kita semua. Mudah-mudahan semuanya manfaat barokah," imbuhnya.

Sampai saat ini di Jawa Timur telah berhasil terbangun PLTS dengan total kapasitas terpasang sebesar 68,41 MW. Terdiri dari PLTS Atap sebesar 62,62 MW dan PLTS SHS tersebar dan komunal untuk memberikan akses energi masyarakat daerah terpencil dan kepulauan yang belum menikmati listrik.

Secara khusus terkait Gebyar motor listrik, ingin mengajak masyarakat untuk sebanyak mungkin bisa mentransformasikan energi fosil ke non fosil. Yakni dengan beralih menggunakan sepeda motor listrik .

"Transformasi dari bensin ke listrik akan memberikan penguatan pada daya dukung alam dan daya dukung lingkungan kita. Bahwa semua proses pembangunan di dunia ini akan mengarah ke green energy dan green economy. Bahkan kita harus bergerak ke blue economy dan blue energy," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video