Mahasiswa Unair Sabet Penghargaan Internasional Berkat Inovasi Parem Tempel Obat Osteoarthritis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mahasiswa Unair Sabet Penghargaan Internasional Berkat Inovasi Parem Tempel Obat Osteoarthritis

Editor: Novandryo
Selasa, 14 November 2023 05:07 WIB

Jihan Aura bersama tim dalam puncak penghargaan International Science and Invention Fair (ISIF), Jumat (10/11/2023)

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Mahasiswa () berhasil memborong dua gelar di acara International Science and Invention Fair (ISIF) setelah bersaing dengan 32 negara.

Lima mahasiswa itu menyabet dua penghargaan dari acara yang digelar di Bali 9-10 November 2023.

Mereka adalah Amadeo Lemuel (FTMM), Jihan Aura (Pengobatan Tradisonal), Talitha Amelia T (Kedokteran), Thoriq Hibatullah (Vokasi), dan Muhammad Esa Erlang S (Kedokteran Hewan).

Produk kesehatan yang mereka usung adalah Micro Parem Patch. Sebuah dengan bahan obat tradisional untuk pengobatan Osteoarthritis.

Inovasi yang dikembangkan oleh lima mahasiswa itu diklaim ampuh untuk terapi pengobatan radang sendi Osteoarthritis. Khususnya pada lansia.

Penyakit degeneratif kronik ini dapat mengakibatkan kesulitan berjalan, membungkuk, berdiri, hingga menyebabkan kecacatan sendi.

“Latar belakang inovasi ini bermula dari pencarian alternatif osteoartritis, yaitu penyakit degeneratif kronis pada tulang rawan sendi lansia. Penyakit ini cukup dominan menyebabkan kecacatan sendi,” kata perwakilan kelompok, Jihan Aura dalam keterangannya (13/11/2023).

Teknik pengobatan ini yakni . Pengobatan melalui kulit dengan panjang berikuran µm (mikrometer).

Sehingga pengobatan hanya cukup menempelkan ke kulit. Bebas rasa nyeri, dan obat lebih mudah dikonsumsi.

Microneedle merupakan sistem pengantaran obat dengan jarum yang berukuran mikrometer. Jarum sediaan hanya menembus epidermis sehingga tidak menimbulkan rasa sakit,” terang Jihan.

Sebenarnya, pengobatan untuk osteoartritis telah ada, misalnya berupa NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs) dan glukokortikoid.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video